Analisis Pengaruh Return On Equity, Earning Per Share, Price To Book Value, Book Value Per Share, Price Earning Ratio dan Kepemilikan Institusional terhadap Harga Saham Perusahaan

Authors

  • Pudji Astuti, Yunita Laras Sari, dan Armalia Reny WA

DOI:

https://doi.org/10.37721/je.v20i2.443

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh Return On Equity, Earning Per Share, Price to Book Value, Book Value per Share, Price Earning Ratio dan Kepemilikan Institusional terhadap harga saham perusahaan.. Data yang digunakan penelitian ini adalah data sekunder yang bersumber dari data laporan keuangan tahunan yang terdapat di Bursa Efek Indonesia. Variabel-variabel yang diuji dalam penelitian ini adalah Return On Equity, Earning Per Share, Price to Book Value, Book Value per Share, Price Earning Ratio, Kepemilikan Institusional dan harga saham. Sampel yang memenuhi kriteria dalam penelitian ini sebanyak 14 perusahaan. analisis yang digunakan yaitu analisis regresi data panel untuk melihat pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen baik secara individu maupun secara bersama-sama. Hasil analisis data atau regresi menunjukkan bahwa secara parsial Return On Equity, Earning Per Share, Price to Book Value dan Book Value per Share berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Sedangkan variabel Price Earning Ratio dan Kepemilikan Institusional tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Secara simultan variabel Return On Equity, Earning Per Share, Price to Book Value, Book Value per Share, Price Earning Ratio, dan Kepemilikan Institusional berpengaruh bersama-sama terhadap harga saham perusahaan. Hal ini berarti bahwa 96,84% variabel dependen yaitu harga saham dapat dijelaskan oleh keenam variabel independen, sedangkan sisanya sebesar 3.16%  harga saham dijelaskan oleh variabel atau faktor-faktor lainnya di luar model.                                Kata kunci : Harga saham, Return On Equity, Earning Per Share, Price to Book Value, Book Value per Share, Price Earning Ratio dan Kepemilikan Institusional, regresi data panel.

References

Brigham, Eugene F.dan Joel Houston. “Financial Management”, Edisi 10, Jilid 1, Alih Bahasa Ali Akbar Yulianto, Penerbit Salemba Empat, Jakarta, 2004.

Bigham, Eugene. F dan Houston, Joel. F. “Dasar-dasar manejemen keuangan”, Terjemahan, Edisi Kesepuluh, Salemba Empat, Jakarta, 2009.

Bodie et. all. “Investments”, Salemba Empat, Jakarta, 2008.

Dwiastuti, Maria Magdalena Pur dan Nugroho, Danang Adi . “Pengaruh Earning Per Share, Price Earning Ratio, Quick Ratio Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur di BEI periode 2004 -2008”, e-journal STIENUSA, Vol 7 No.14, 2011.

Ghozali, Imam. “Analisis Multivariat dan Ekonometrika Teori, Konsep, dan Aplikasi dengan Eviews 8”, BP Universitas Diponegoro, Semarang, 2013.

Halim, Abdul dan Hanafi, Mamduh M. “Analisis Laporan Keuangan”, Edisi ketiga, Unit Penerbit dan Percetakan, Yogyakarta, 2007.

Indonaya, Kurniawan dan Kodrat, David Sukardi.“Manajemen Investasi Pendekatan Teknikal dan Fundamental Untuk Analisis Saham”, Edisi Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2010.

Kasmir. “Analisis Laporan Keuangan”, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2012.

Keown, Arthur J et. all. “Manajemen Keuangan”, Edisi Kesepuluh, PT Macanan, Jakarta, 2010.

Murhadi, Werner R. “Analisis Saham Pendekatan Fundamental”, PT Indeks, Jakarta, 2009.

Nugrahanti, Yeterina Widi dan Wiranata, Yulius Ardy. “Pengaruh Struktur Kepemilikan Terhadap Profitabilitas Perusahaan Manufakur di Indonesia”, Jurnal Akuntansi dan Keuangan, vol 15 No. 1, Mei 2013.

Prihadi, Toto. “Analisis Laporan Keuangan”, Edisi Pertama, PPM Manajemen, Jakarta, 2010.

Sjahrial, Dermawan. “Pengantar Manajemen Keuangan”, Edisi Kedua, Mitra Wacana Media, Jakarta, 2007.

Wardjono. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Price to Book Value dan Implikasinya pada Return Saham (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI)”, Dinamika Keuangan dan Perbankan, vol 2 No. 1, Mei 2010.

Downloads