Pengaruh Produk dan Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian AC Panasonic serta Implikasinya terhadap Kepuasan Konsumen

Authors

  • Dina Ristiani dan Yolanda

DOI:

https://doi.org/10.37721/je.v20i3.485

Abstract

This study aims to determine the effect of products, services, purchasing decisions and satisfaction of the consumer conditioning consumption either directly or indirectly. The number of research samples was 108 respondents. The independent variables of this study consist of products, services, purchasing decisions and and the dependent variables are purchasing decisions and customer satisfaction. The analysis technique used is path analysis.The results showed that Products and Services had a significant direct effect on purchasing decisions. Products, services and purchasing decisions have a significant direct effect on customer satisfaction. While indirect effects of products and services, where purchasing decisions as mediating variables also have a significant effect on customer satisfaction.

References

Ahyari (2010),Dasar-Dasar Manajemen, edisi I jilid dua, Penerbit BPFE UGM, Yogyakarta.

Alma, Buchari (2008),Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, CV. Alfabet, Bandung.

Arikunto, Suharsimi (2010), Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta.

Assauri, Sofjan (2013), Manajemen Pemasaran : Dasar, Konsep dan Strategi, Rajawali Press, Jakarta.

Adi, Albertus Ferry Rostya, and Yoestini YOESTINI. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Waroeng Spesial Sambal Cabang Lampersari Semarang). Diss. Fakultas Ekonomika dan Bisnis, 2012.

Dewi, Indri Kartika; Kusumawati, Andriani. Pengaruh Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Pelanggan Bisnis Online (Survei Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2013/2014 Konsumen Traveloka). Jurnal Administrasi Bisnis, 2018, 56.1.

Evelina, Nela. Handoyo D.W. dan Sari Listyorini, (2012), Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana TelkomFlexi (Studi Kasus pada Konsumen TelkomFlexi di Kecamatan Kota Kudus Kabupaten Kudus), Diponegoro Journal of Social and Politic, hal. 1-11 tahun 2012 (http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/), Universitas Diponegoro, Semarang.

Fauzi, Ahmad, et al. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Paket Pos Express Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Kurir Di Kantor Pos Cimahi 40500. 2018. Phd Thesis. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas

Ghozali, Imam (2011), Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19, edisi kelima, Universitas Diponegoro, Semarang.

Ginting, Nembah F. Hartimbul (2011), Manajemen Pemasaran, CV. Yrama Widya, Bandung.

Kodu, Sarini. “Harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan pengaruhnya Terhadap keputusan pembelian mobil toyota avanza. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2013, 1.3.

Laksana, Fajar (2008), Manajemen Pemasaran : Pendekatan Praktis, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Merentek, Yumi Febiola; Lapian, Joyce; Soegoto, Agus Supandi. Pengaruh kualitas produk, suasana toko dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada kfc bahu mall manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2017, 5.3.

Peter, P, J, & Olson, Jerry, C. 2009. Costumer Behavior, Jilid 2, Edisi Kelima (alih bahasa Damos Sihombing). Erlangga. Jakarta.

Rizal, Fachrul; Adam, Muhammad; Ibrahim, Mahdani (2018) “Pengaruh Harga, Desain Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Serta Dampaknya Pada Kepuasan Pasca Pembelian Perumahan Di Kota Banda Aceh”. Jurnal Manajemen Dan Inovasi, , 8.3.

Rachmawati, Rina(2011),Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian terhadap Bisnis Restoran),Jurnal Kompetensi Teknik Vol. 2, No. 2, Mei 2011 hal. 143, Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Sugita, Ramadhani; Agustin, Sasi. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 2018, 6.11.

Sugiyono (2008), Metodologi Penelitian Bisnis, PT. Gramedia, Jakarta

Sugiyono (2010), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Suharno dan Yudi Sutarso (2009), Marketing in Practice, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Sundalangi, Marchelyno. S.L. Mandey dan R.J. Jorie (2014), Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, dan Potongan Harga terhadap Minat Beli Konsumen pada Pizza Hut Manado, Jurnal EMBAVol. 2 No. 1 Maret 2014, Universitas Sam ratulangi, Manado.

Tjiptono, Fandy(2008),Strategi Pemasaran, edisi 3, ANDI, Yogyakarta.

Weenas, Jackson R.S. (2013), Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta, Jurnal EMBA, Vol. 1 No. 4 tahun 2013, Universitas Sam Ratulangi, Manado.

Winardi. 2010. Kepemimpinan dan Manajemen. PT Rineka Cipta. Jakarta.

Widagdo, Herry (2011), Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Komputer pada PT. XYZ Palembang, Jurnal Ilmiah STIE MDP, Vol. 1 No. 1 September 2011, STIE MDP, Palembang.

Downloads