Pengaruh Emotional Brand Attachment terhadap Consumer-Based Brand Equity dengan Consumer Satisfaction sebagai Mediator (Studi pada Konsumen Produk Brand Apple)

Icha Caesarni Dewita

Abstract


This research was aimed to examine empirically the offect of emotional brand attachment towards consumer-based brand equity with consumer satisfaction as a mediator. The sample of this analysist is students who consume brand Apple product’s in West Java and use purposive sampling with 150 questionnaire was distributed by researcher directly. The methode of this research is quantitative with descriptive causal as the type of research. The analysist of this research is path analysist with t test as statistical test.

The results of this research show that emotional brand attachment was not significant toward consumer-based brand equity directly, emotional brand attachment was positive significant towards consumer-based brand equity through consumer satisfaction.

 

Keywords: emotional brand attachment, consumer satisfaction, consumer-based brand equity

Full Text:

PDF

References


Ardiawan, P. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen pada Lapangan Futsal Mareno 2 Ngunut. Artikel Skripsi, 4.

Bohang, F. K. (2018, Maret 11). Membandingkan Kesetiaan Pengguna Android dan iOS. Dipetik Desember 26, 2018, dari Kompas.com: https://tekno.kompas.com/read/2018/03/11/11370017/membandingkan-kesetiaan-pengguna-android-dan-ios

Bohang, F. K. (2018, Juni 28). Setelah 7 Tahun, Perang Paten Apple dan Samsung Berakhir. Dipetik Oktober 7, 2018, dari Tekno Kompas: https://tekno.kompas.com/read/2018/06/28/12260057/setelah-7-tahun-perang-paten-apple-dan-samsung-berakhir

Choizes. (2018, April 21). Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dengan Efektif. Dipetik Desember 11, 2018, dari Diedit.com: https://www.google.co.id/amp/s/www.diedit.com/cara-meningkatkan-kepuasan-pelanggan/amp/

Cita. (2014, Februari 20). Consumer-Based Brand Equity: Sumbangan Terbesar Keller untuk Pembangunan Brand. Dipetik Desember 26, 2018, dari Marketing.co.id: https://marketing.co.id/consumer-based-brand-equity-sumbangan-terbesar-keller-untuk-pembangunan-brand/

Dwivedi, A., Johnson, L. W., Wilkie, D. C., & Araujo-Gil, L. D. (2018). Consumer Emotional Brand Attachment with Social Media Brands and Social Media Brand Equity. European Journal of Marketing.

Febian. (2018, Mei 21). Berkenalan dengan Komunitas iDevice Indonesia. Dipetik Desember 11, 2018, dari Macpoin.com: http://www.google.co.id/amp/s/macpoin.com/122170/berkenalan-dengan-komunitas-idevice-indonesia/amp

Hermawan, A., & Yusran, H. L. (2017). Penelitian Bisnis "Pendekatan Kuantitatif". Depok: KENCANA.

Hino, S. L. (2016). Emotional brand attachment: a factor in customer-bank relationships. International Journal of Bank Marketing, 4.

Kotsi, F., Pike, S., & Gottlieb, U. (2018). Consumer-based brand equity (CBBE) in the context of an international stopover destination: Perceptions of Dubai in France and Australia. ScienceDirect, 1.

Librianty, A. (2017, Mei 20). Jelang Kehadiran iPhone 8, Loyalitas Konsumen Apple Naik. Dipetik Desember 26, 2018, dari Liputan6.com: https://www.liputan6.com/tekno/read/2957797/jelang-kehadiran-iphone-8-loyalitas-konsumen-apple-naik

Librianty, A. (2018, September 14). Apple Mulai Gelar Pre-order iPhone XS. Dipetik Desember 26, 2018, dari Liputan6.com: https://www.liputan6.com/tekno/read/3644100/apple-mulai-gelar-pre-order-iphone-xs

Librianty, A. (2018, Mei 05). Liputan 6. Dipetik Desember 05, 2018, dari Liputan 6 Tekno Gadget: https://www.liputan6.com/tekno/read/3498091/apple-klaim-konsumen-sangat-puas-dengan-iphone-x

Mustofa, A. (2018, Maret 2). Techinsia Profesional. Dipetik Desember 7, 2018, dari Techinsia: https://www.google.co.id/amp/s/id.techinasia.com/emotional-marketing-kendalikan-konsumen-seperti-apple/amp/

Octa, A. (2018, April 5). Bagaimana Loyalitas Pelanggan Anda ?, Ukur dengan 7 Cara ini. Dipetik Desember 26, 2018, dari Distribusi Pemasaran Dotcom: https://distribusipemasaran.com/ukur-loyalitas-pelanggan-7-cara/

Pertiwi, W. K. (2018, Agustus 26). Mengapa Pengguna Android Pindah ke iOS dan Sebaliknya? . Dipetik Desember 26, 2018, dari Kompas.com: https://tekno.kompas.com/read/2018/08/26/11190087/mengapa-pengguna-android-pindah-ke-ios-dan-sebaliknya-

Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Dalam F. Tjiptono, & G. Candra, Pemasaran dan Strategik (hal. 209). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Prof. Dr. Ir. Sugiarto, M. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Sudaryono, D. (2016). Manajemen Pemasaran "Teori dan Implementasi". Yoygakarta: ANDI.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2016). Pemasaran "Esensi dan Aplikasi". Yogyakarta: ANDI.

Yazdanparast, A., Joseph, M., & Muniz, F. (2016). Consumer Based Brand Equity in The 21st Century: An Examination of The Role of Social Media Marketing. Emerald Insight.

Yuniarti, V. S. (2015). Perilaku Konsumen Teori dan Praktik. Bandung: CV. Pustaka Setia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.