MEMBANGUN DAYA SAING PRODUK AGRIBISNIS
Abstract
Setiap produk agribisnis yang diperdagangkan harus menggunakan standar internasional, pasar kita dibanjiri oleh produk agribisnis yang masuk dari luar (impor), sedangkan produk agribisnis kita masih sulit menembus pasar internasional (melakukan ekspor). . Dengan besarnya Sumber Daya Alam serta Sumber Daya Manusia yang ada, kita masih memiliki peluang dan potensi untuk mengembangkan dan meningkatkan DAYA SAING produk agribisnis serta mimiliki keunggulan komparatif untuk membangun produk agribisnis.Pada sektor agribisnis proses produksi memerlukan peralatan/mesin-mesin serta pengembangan teknologi (IPTEK) dan inovasi, sektor agribisnis kita masih lemah didalam dimensi kedua ini. Untuk membangun sektor agribisnis (pertanian) yang tangguh, kuat dan memiliki daya saing, banyak sektor lain yang terkait yang harus di kembangkan juga, baik yang berhubungan dengan dimensi manusia maupun dimensi teknik, antara lain sumber daya manusia, skala usaha, teknologi, kelembagaan dan akses pasar Kata Kunci : Daya Saing, AgribisnisReferences
Hanafie R, 2010. Pengantar Ekonomi
Pertanian. Andhi Yogyakarta.
Porter, ME, 1994. Keunggulan Bersaing.
Binarupa Aksara, Jakarta.
Downey, WD. Erickson SP. 1989.
Manajemen Agribisnis, Erlangga,
Jakarta
Downloads
Issue
Section
Articles