MEMBANGUN DAYA SAING PRODUK AGRIBISNIS

Authors

  • Mesak Simanjuntak

Abstract

Setiap produk agribisnis yang diperdagangkan harus menggunakan standar internasional, pasar kita dibanjiri oleh produk agribisnis yang masuk dari luar (impor), sedangkan produk agribisnis kita masih sulit menembus pasar internasional (melakukan ekspor). . Dengan besarnya Sumber Daya Alam serta Sumber Daya Manusia yang ada, kita masih memiliki peluang dan potensi untuk mengembangkan dan meningkatkan DAYA SAING produk agribisnis serta mimiliki keunggulan komparatif untuk membangun produk agribisnis.Pada sektor agribisnis proses produksi memerlukan peralatan/mesin-mesin serta pengembangan teknologi (IPTEK) dan inovasi, sektor agribisnis kita masih lemah didalam dimensi kedua ini. Untuk membangun sektor agribisnis (pertanian) yang tangguh, kuat dan memiliki daya saing, banyak sektor lain yang terkait yang harus di kembangkan juga, baik yang berhubungan dengan dimensi manusia maupun dimensi teknik, antara lain sumber daya manusia, skala usaha, teknologi, kelembagaan dan akses pasar Kata Kunci : Daya Saing, Agribisnis

References

Hanafie R, 2010. Pengantar Ekonomi

Pertanian. Andhi Yogyakarta.

Porter, ME, 1994. Keunggulan Bersaing.

Binarupa Aksara, Jakarta.

Downey, WD. Erickson SP. 1989.

Manajemen Agribisnis, Erlangga,

Jakarta

Downloads

Issue

Section

Articles