ANALISIS TINGKAT PELAYANAN HOTEL DALAM • MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN HOTEL TOPAS GALERIA BANDUNG

Authors

  • Arni Kurniati

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Tingkat Pelayanan Hotel Dalam Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Hotel Topas Galeria Bandung. Data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan dari hasil penyebaran Kuesioner ( angket terhadap 68 pelanggan yang telah menginap di hotel Topas Galeria Bandung. Teknik sampling yang digunakan secara Probability Sampling dengan metode acak sederhana. Hasil data dianalisis dengan metode Servqual dengan mengukur tingkat 5 dimensi kualitas pelayanan Hotel yang memberikan kepuasan pelanggan. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat Wujud Hotel sebesar 82,021%, Keandalan 76,549%, Daya tanggap 81,949%, Kepastian 81,761% dan Empati 75,544%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Hotel Topas Galeria dinilai baik dimana pelayanan Hotel telah memberikan kepuasan kepada pelanggannya. Kata Kunci : Pelayanan Hotel, Kepuasan Pelanggan Hotel.

References

Craven, David W., 1996, Pemasaran

Strategis, Edisi Keempat, Jilid 1, Jakarta,

Penerbit Erlangga.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata

Bandung, 2001, Kepariwisataan Bandung.

Kotler, Philip, 2000, Marketing,The

Milenium Edition, New Jersey, Prentice Hall

Intemational Inc.

Gary Arnstrong, I 999,4i Principles of

Marketing, Jakarta, Ghalia Indonesia.

Parasuraman A., Zeithaml, Valerie A.,

Berry Leonard L. 1990, Delivering

QualityService, New York, The Press A

Division of Macmillan Inc.

Payne, Andrian, 1994, Service

Marketing, Series Edition, Engle Wood Clif,

New Jersey, Prentice Hall International Inc.

Porter, Michael E., 1993, Competitive

Strategy, New York, Prepress.

Irawan, H., 2002, 10 Prinsip Kepuasan

Pelanggan, Jakarta, PT. Gramedia.

Yoeti, Oka. A, 1999., Hotel Public

Relation, Jakarta, PT. Pertja. Drucker, P.,

, The Successful Corporation of The

Year 2000; London, UK., The Economist

Intelligence Unit.

Downloads

Issue

Section

Articles