KAJIAN PENENTUAN KOMPONEN UTAMA DALAM PENGATURAN PENGELOLAAN RUMAH KHUSUS

Authors

  • Masykur Masykur

DOI:

https://doi.org/10.37721/kalibrasi.v10i0.331

Abstract

Tujuan dari kajian  ini adalah tersedianya hasil Evaluasi Pelaksanaan Pembangunan RUSUNAWA  yang komprehensif sejak awal perencanaan, konstruksi sampai dengan serah terima bangunan RUSUNAWA, sebagai bahan masukan untuk perbaikan dikemudian hari, dan pertimbangan penyusunan kebijakan. Metode kajian dilakukan dengan analisis komparasi yaitu membandingkan antara siklus perencanaan dan pelaksanaan pembangunan RUSUNAWA. Siklus Demin PDCA ( Plan Do Check  Act); merupakan siklus kegiatan yang berurutan dari  perencanaan, pelaksanaan , evaluasi  dan tindak lanjuti.Kajian pembangunan Rusunawa dilakukan di wilayah provinsi Banten, Provinsi Jabar, provinsi Jateng, dan DI Yogyakarta. Dari hasil evaluasi  berdasarkan variabel evaluasi maka hasil pembangunan Rusunawa diwilayah II dapat dikelompokan  baik. Rusunawa PKU Muhamadiyah Gombong Jawa  Tengah Bismillah di Serang Banten, sedang kan kategori kurang Rusunawa Magasari Jawa Barat dan Assyalafiah Yoyakarta Kata Kunci : Evaluasi Pembangunan, Rumah Susun Sewa.

References

Anonim, 2011. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman.

Anonim, 2002. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung.

Anonim, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2005 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung.

Anonim, Undang–Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2011 Tentang Pembentukan Peraturan Perundang–Undang

Budihardjo,E. 1984. Sejumlah Masalah Pemukiman Kota. Alumni Bandung

Budihardjo.E.1999. Kota Berkelanjutan. Alumni Bandung.

Koeswartoyo, T.dan Suparti,A. 1977. Perumahan dan Permukliman yang Berkelanjutan Ditjen Dikti Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta

Nasikun,1995.Sistem Sosial Indonesia. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta

Poerbo,H. 1988.Mencari Pendekatan Pengelolaan Lingkungan Kota yang lebih efekitif.Jurnal Prisma Jakarta.

Rapoport 1977. House Form and Culture , Englewood Cliffs. Prentice –Hall.

Suyarto.D.1985.Beberapa Pengertian Perencana Fisik. Bhatara Karya Aksara. Jakarta.

Zahnd.M 1999. Perancangan Kota Secara Terpadu. Teori Perancangan Kota dan Penerapannya. Sugiyopranoto University Press. Semarang.

Downloads

How to Cite

Masykur, M. (2018). KAJIAN PENENTUAN KOMPONEN UTAMA DALAM PENGATURAN PENGELOLAAN RUMAH KHUSUS. Jurnal KaLIBRASI - Karya Lintas Ilmu Bidang Rekayasa Arsitektur, Sipil, Industri, 1(3). https://doi.org/10.37721/kalibrasi.v10i0.331

Issue

Section

Articles