ANALISA PERBAIKAN WAKTU STANDARD PROSES ENTREPOT DI DEPARTEMEN LOGISTIK PT. MERCEDES BENZ INDONESIA

Authors

  • Satriyo M, Moh. Mawan Arifin, dan Meilan Agustin

DOI:

https://doi.org/10.37721/kalibrasi.v12i0.343

Abstract

PT. Mercedes Benz Indonesia perusahaan yang merupakan perakitan mobil merk Mercedes Benz di Indonesia, proses pengiriman dari entrepot ke area warehouse logistik menjadi salah satu proses kegiatan yang ada di departemen logistik ( PLG ). Namun kondisi saaat ini mengalami keterlambatan, hal itu dikarenakan ada proses penambahan kegiatan pada proses pengiriman. Untuk itu dilakukanlah penelitian untuk memberikan usulan perbaikan pada proses tersebut. Untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut maka digunakan alat perbaikan seperti diagram sebab akibat, flow process chart, metode brainstorming, tata letak pabrik. Diagram sebab akibat digunakan untuk menentukan penyebab penyebab keterlambatan tersebut, flow process chart digunakan untuk mengetahui proses kerja secara detail, metode brainstorming digunakan untuk mendapatkan saran saran dari operator untuk melakukan perubahan layout agar proses pengiriman mencapai target. Dengan adanya perubahan layout diharapkan dapat mempermudah dalam proses pengiriman dan target waktu dari perusahaan dapat tercapai.Kata Kunci : Entrepot, Keterlambatan, flow process chart, brainstorming, layout.

References

Tampubolon, Manahan P. Manajemen Operasi Dan Rantai Pemasok. Jakarta : Penerbit Mitra Wacana Media, Maret 2014

Daryanto. Ringkasan Kuliah Manajemen Produksi. Bandung : Penerbit Sarana Tutorial Nurani , September 2012

Ghaleebmumtaz. 2015. Jenis – Jenis Layout. ( Online )

https://ghaleebmumtaz.wordpress.com/2015/04/10/jenis-jenis-layout/. Diakses 17 Januari 2017 pukul 23.00 WIB.

Wignjosoebroto, Sritomo. Teknik Tata Cara dan Pengukuran Kerja. Guna Widya. Surabaya. 1992.

Wignjosoebroto, Sritomo. Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan. Institut Sepuluh November. Surabaya. 1996.

Wignjosoebroto, Sritomo. Pengantar Teknik & Manajemen Industri. Edisi pertama. Guna Widya. Surabaya. 2003.

Gasberz, Vincent. Total Quality Management. Gramedia Pusataka Utama. Jakarta. 2002.

Yamit, Zulian. Manajemen Kualitas. Yogyakarta : Penerbit Ekonisia , September 2013.

Downloads

How to Cite

Meilan Agustin, S. M. M. M. A. dan. (2018). ANALISA PERBAIKAN WAKTU STANDARD PROSES ENTREPOT DI DEPARTEMEN LOGISTIK PT. MERCEDES BENZ INDONESIA. Jurnal KaLIBRASI - Karya Lintas Ilmu Bidang Rekayasa Arsitektur, Sipil, Industri, 1(5). https://doi.org/10.37721/kalibrasi.v12i0.343

Issue

Section

Articles