PEMBANGUNAN APLIKASI KASIR PADA KEDAI ROTI JO’JOHN JAKARTA

Authors

  • Anisa Fauqol Haqqi Program Studi Sistem Informasi, STMIK Indonesia
  • Ibnu Hadi Sumitro Program Studi Sistem Informasi, STMIK Indonesia
  • Syam Gunawan Program Studi Sistem Informasi, STMIK Indonesia
  • Abidin Lubis Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Borobudur

Abstract

Untuk mendukung proses pengembangan bisnis dan meningkatkan daya saing terhadap bisnis lain, kedai Roti Jo’john membutuhkan sebuah sistem yang dapat menghasilkan informasi laporan transaksi penjualan yang dapat dengan mudah dianalisa. Beberapa permasalahan yang sering terjadi saat ini adalah pemilik tidak dapat memastikan berapa banyak penjualan yang sering tidak tercatat sehingga menyebabkan laporan penjualan menjadi kurang rapi sehingga pemilik tidak dapat menganalisis produk mana yang dijual. Masalah tersebut harus diselesaikan dengan membuat sistem yang terkomputerisasi dan berbasis web. Metodologi pengembangan sistem yang digunakan adalah metodologi waterfall. Penggunaan aplikasi kasir diharapkan dapat mendukung proses pengembangan bisnis dan meningkatkan daya saing terhadap bisnis lain. Dan dalam penggunaan aplikasi kasir berbasis web ini diharapkan beberapa efektifitas dan efisiensi terkait dengan pengendalian yang dilakukan oleh pemilik dapat tercapai karena kondisi saat ini pemilik tidak selalu antre di lokasi.

References

Azis,A.R,Sari,D.B,&Toufan,D.T. (2017). Aplikasi Pembelajaran Bahasa Sunda Berbasis Android Di SMPN1 Cileunyi e-Proceeding of Applied Science, 757-758.

Enterprise, J. (2014). HTML 5 Manual

Book. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Faisal, & Silvester, D. (2015). Analisa dan Perancangan Aplikasi Point Of Sale (POS) Untuk Mendukung Manajemen Hubungan Pelanggan. 21.

Hendini, A. (2016). Pemodelan UML Sistem Informasi Monitoring Penjualan dan Stok Barang. Jurnal Khatulistiwa

Informatika, 108-111.

Rosa, A. S., & M.Shalahuddin. (2014).

Rekayasa Perangkat Lunak Struktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Sri Rahayu, Zuriati, & Dwirgo Sahlinal. (2017). Aplikasi Point Of Sale Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter Pada Martabak ABC.

Downloads

Published

2022-08-27

Issue

Section

Articles