PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN BARANG PADA TOKO CAHAYA BARU

Authors

  • Elsa Indriati Yulianda Program Studi Sistem Informasi, STMIK Indonesia
  • M Thamrin Basri Program Studi Sistem Informasi, STMIK Indonesia
  • Permadi Surya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Borobudur
  • Mansuri Mansuri Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Borobudur

Abstract

Toko Cahaya Baru adalah perusahaan dagang yang bergerak di bidang retail. Pengelolaan persediaan barang di Toko Cahaya Baru belum terkelola dengan baik seperti tidak adanya pencatatan data barang yang masuk ke toko, pencarian stok barang dan laporan barang yang masih dilakukan dengan pencatatan ke dalam buku penjualan sehingga kegiatan dalam persediaan persediaan kurang terkontrol. Penelitian ini bertujuan untuk membantu Toko Cahaya Baru dalam mengelola persediaan barang di toko agar dapat terkontrol dengan baik. Perancangan sistem dilakukan dengan metode waterfall yang merupakan model pengembangan sistem informasi yang sistematis dan berurutan. Metode data mining yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Dalam pembuatan sistem alat yang digunakan dalam membuat perancangan dan perancangan sistem persediaan barang adalah dengan menggunakan Unified Modeling Language (UML). Pemrograman yang digunakan adalah pemrograman website menggunakan database MySQL dan PHP.

References

Harianto, K., Pratiwi, H., & Suhariyadi, Y . (2019). SISTEM MONITORING LULUSAN PERGURUAN TINGGI DALAM MEMASUKI DUNIA KERJA MENGGUNAKAN TRACER STUDY. Surabaya: Media Sahabat Cendikia.

Muslihudin, M., & Oktafianto. (2016).

Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.

Shatu, Y. P. (2016). Kuasai Detail Akuntansi Perkantoran. PUSTAKA ILMU SEMESTA.

Sukamto, R. A., & Shalahuddin, M. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Downloads

Published

2022-08-27

Issue

Section

Articles