PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ARUS KAS DI TOKO SARANA LISTRIK MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL

Authors

  • Fiqih Dwinanda Program Studi Sistem Informasi, STMIK Indonesia
  • Ibnu Hadi Sumitro Program Studi Sistem Informasi, STMIK Indonesia
  • Rini Sulistiyowati Program Studi Sistem Informasi, STMIK Indonesia
  • Tungga Buana Darma Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Borobudur

Abstract

Sistem informasi arus kas merupakan suatu sistem informasi yang memudahkan organisasi dalam mengelola data arus kas masuk dan arus kas keluar sehingga dapat membantu menyelesaikan kegiatan di bidang keuangan khususnya untuk proses pencatatan dan pelaporan laporan keuangan secara cepat. Alat-alat listrik menjual alat-alat mesin listrik seperti Inverter, Travo dan juga menawarkan jasa perakitan Panel Listrik dan instalasi listrik untuk rumah atau pabrik. Banyak permasalahan yang terjadi terutama dari segi keuangan karena tidak adanya proses pencatatan transaksi sehingga tidak adanya laporan kas masuk dan kas keluar. Metodologi yang digunakan dalam penelitian berikut ini menggunakan metode Waterfall. Hasil dari penelitian berikut ini adalah rancangan sistem informasi yang mampu mengelola penerimaan kas dan penarikan tunai. Sistem informasi pengelolaan kas dan kas keluar ini mampu memberikan manfaat bagi karyawan dalam proses pencatatan. Sistem informasi arus kas ini dirancang dengan menggunakan database MySQL, bahasa pemrograman PHP, dengan tampilan antar muka pengguna menggunakan Bootstrap dan framework menggunakan frameworkCodeigniter.

References

Budiarto, R., Putero, S. H., Hempri, S., Astuti, P., Saptoadi, H., Ridwan, M. M., & D, B. S. (2015). Pengembangan UMKM Antara Konseptual dan Pengalaman Praktis. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Firdaus, D. W., & Widyasastrena, D. (2017). Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Koperasi dan UMKM Berbasis Technopreneur. Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan.

Mulyani, S. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah: Notasi Pemodelan Unified Modeling Language (UML). Bandung: Abdi Sistematika.

Muslihudin, M., & Oktafianto. (2016). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur Dan UML. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Rusmawan, U. (2019). Teknik Penulisan Tugas Akhir dan Skripsi Pemograman. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Downloads

Published

2022-08-27

Issue

Section

Articles