PERANCANGAN SISTEM INFORMASI TELAAH KARTU SOAL UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN) KELAS XII DI SMA FATAHILLAH GROGOL MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL

Authors

  • Dody Setiady Program Studi Sistem Informasi, STMIK Indonesia
  • Yefrie MC Liu Program Studi Sistem Informasi, STMIK Indonesia
  • Djoko Harsono Program Studi Sistem Informasi, STMIK Indonesia
  • Fildzah Shabrina Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Borobudur

Abstract

Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) merupakan salah satu ujian akhir pada jenjang dimana ujian merupakan faktor penentu kelulusan. Oleh karena itu proses pembuatan naskah soal harus dikontrol dalam prosesnya agar menghasilkan naskah soal yang berkualitas. Dengan adanya kartu soal membuat naskah dibuat lebih terstruktur dan terjaga kualitasnya karena soal dibuat berdasarkan kisi- kisi yang disediakan. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah waterfall yang terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap analisis, perancangan, pengembangan dan pengujian serta tahap implementasi. Hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi review kartu soal USBN berbasis web yang diharapkan dapat memudahkan guru dan reviewer di SMA Fatahillah dalam proses pembuatan kartu soal sehingga dapat dibuat naskah soal yang berkualitas sesuai dengan standar yang telah ditentukan.

References

Ahmad, Lukman, Munawir. Sistem Informasi Manajemen : Buku Referensi. Banda Aceh: Lembaga Kita, 2018.

Anggraeni, Elisabet Yunaeti, Irviani, Rita. Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi, 2017.

Hidayatullah, Priyanto, Kawistara, Jauhari Khairul. Pemrograman Web Informatika Edisi Revisi. 2014.

Hutahaean, Jeperson. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta, 2014.

Khadir, Abdul. Pengenalan Sistem Informasii Edisi Revisi. Yogyakarta, 2014.

Kristanto, Andri. Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya Edisi Revisi. 2017.

Latifah, Siti Fathul. ”Analisis Butir Soal Ujian Kenaikan Kelas Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII di MTs Al- Ikhsan Beji Kecamatan Kedungbanteng Kab. Banyumas Tahun Pelajaran 2018/2019.” 2018.

Rusela, Izma, Suryawati, Evi, Natalina, Mariani. ”Rancangan Buku Teknis Penyusunan Soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Mata Pelajaran IPA Bagi Guru SMP.” 2018.

Sukamto, Rosa Ariani, Shalahudin, Muhammad. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika Bandung, 2015.

Suryawati, Evi, Natalina, Mariani, Yennisa, Dea. ”Rancangan Buku Penyusunan Soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Mata Pelajaran Biologi Bagi Guru SMA.” 2018.

Susanto, Azhar. Sistem Informasi Manajemen. Bandung, 2016.

Sutabri, Tata. Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta, 2014.

Wowor, Hans, Putro, Muhamad Dwi. ”Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Dosen Pembimbing Skripsi.” E-journal Teknik Informatika, 2016: 2.

Downloads

Published

2022-08-27

Issue

Section

Articles