PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN BARANG PADA CEMIALAN KEANU BERBASIS WEBVIEW ANDROID

Authors

  • Asep Maulana Baharudin Efendi Jurusan Sistem Informasi, STMIK Indonesia
  • Ferdy Gitawan Jurusan Sistem Informasi, STMIK Indonesia
  • Abidin Lubis Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Borobudur
  • Moh Amin HD Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Borobudur

Abstract

Sistem persediaan adalah suatu sistem untuk mengetahui persediaan/persediaan barang pada suatu perusahaan/usaha. Sistem ini umum digunakan dan dikembangkan di beberapa perusahaan/usaha sesuai dengan teknologi dan sistemnya. Pencatatan persediaan sangat penting dalam menunjang jalannya perdagangan dan pengambilan keputusan, oleh karena itu pengusaha dan pedagang harus dapat mengelolanya dengan baik, pengelolaan yang baik dapat menjadi salah satu tolak ukur agar usaha berjalan dengan baik, karena dalam perencanaan barang dagangan yang akan dijual kepada konsumen harus sesuai dengan keinginan dan diberikan pada waktu yang tepat. Sistem Informasi Inventaris yang Tepat dapat menjadi sarana bagi pelaku bisnis untuk memberikan informasi yang cepat dan akurat, menggunakan aplikasi android untuk memudahkan akses cepat dan pengelolaan persediaan, serta membantu pengambilan keputusan yang lebih efisien dan efektif. Metode pengembangan sistem pada aplikasi yang dibuat ini menggunakan metode sdlc (ostem development life cycle). Memiliki tahapan perencanaan, analisis, desain, implementasi dan pengujian. Sistem dibuat berdasarkan tampilan web Android di mana sistem dapat digunakan oleh berbagai perangkat desktop atau seluler.

References

Abuse. (2019, Oktober 29). @Tulisanndeso. Diambil kembali dari Medium.com: <https://Medium.Com/@Tulisanndes o/Pengertian-Android-Studio-Dan- Berbagai-Macam-Bagiannya- A21db3160a6e>

Akhmad. (2016, Desember). Diambil kembali dari <https://www.Akhmadshare.com/20 16/pengertian-android-benar-para- ahli.Html>

Farta, R., Khairul, & Budi, R. (2018). Aplikasi Pintar Based Learning Dengan Penerapan Webview Berbasis Android. Medan: Universitas Pembangunan Panca Budi.

Febriani, Y., Hakim, F., & Solechan, A. (2018). Pengembangan Sistem Informasi Penjualan,Pembelian,dan Persediaan Berbasis Web. Semarang: Stmik Semarang.

Kurnianto, A. (2018). Perancangan Aplikasi E-Portofolio Menggunakan Metode Extreme Programming Berbasis Web (Studi kasus ukm Computer Club). Jakarta: Stmik Indonesia.

Nafisah, S. (2018). Perancangan Sistem Informasi untuk Meningkatkan Pelayanan Pencak Silat Tapak Suci di Wilayah Jakarta Barat Berbasis Web. Jakarta: Stmik Indonesia.

Rebri, U. (2017, Febuari 9). Diambil kembali dari Droidpoin.com: <https://Droidpoin.Com/3992/Apa- itu-system-webview-di-android>

Triwibowo, D., Kridalukmana, R., & Martono, K. (2015). Pembuatan Aplikasi Terintegrasi, Pendataan Barang di Gudang Berbasis Android. Semarang: Universitas Diponegoro.

Wiratmo. (2016). Perancangan Sistem Informasi Penyewaan Gaun Pengantin Pada Planet Studio Berbasis Web Dengan Menggunakan Php, Mysql, & Dream Weaver. Jakarta: Stmik Indonesia.

Downloads

Published

2022-08-27

Issue

Section

Articles