PERANCANGAN SISTEM INFORMASI POINT OF SALE PADA KEDAI CEKER MEWEK BERBASIS ANDROID

Authors

  • Arlan Hudaya Program Studi Sistem Informasi, STMIK Indonesia
  • Ferdy Gitawan Program Studi Sistem Informasi, STMIK Indonesia
  • Ismail Ismail Program Studi Sistem Informasi, STMIK Indonesia
  • Camelia Chandra Program Studi Sistem Informasi, STMIK Indonesia

Abstract

Dalam dunia bisnis untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam persaingan, teknologi informasi dan komunikasi merupakan salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas kinerja bisnis. Teknologi yang sedang populer saat ini adalah aplikasi mobile, tanpa perlu membuka laptop atau komputer bisa langsung menggunakan handphone yang sering kita bawa. Di Kedai Ceker Mewek, mayoritas transaksi dilakukan secara manual. Sehingga sering terjadi kesalahan, salah satunya dalam pencatatan transaksi pembayaran di kasir. Metode pengembangan sistem adalah dengan menggunakan metode Waterfall. Konsep perancangan sistem menggunakan diagram konteks dan UML. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Java dan database yang digunakan adalah MySQL. Dengan adanya perancangan aplikasi point of sale berbasis android ini dapat meminimalisir kesalahan yang terjadi dalam transaksi pembayaran dan pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat serta mengurangi kesalahan yang akan terjadi.

References

Cahyodi, Sapto Catur, and Rita Wahyuni Arifin. 2017. “Sistem Informasi Point Of Sales Berbasis Web Pada Colony Amaranta Bekasi.” Mei Review Mei 1(12): 189–204.

Cobantoro, Adi Fajaryanto. 2017. “Rancang Bangun Purwarupa Aplikasi Electronic Point Of Sales ( EPOSAL ) Berbasis Web Pada Mina Alumunium.” Jurnal Ilmiah NERO 3(2): 109–16.

Kurniawan, Arif et al. 2017. “Sistem Informasi Point of Sale (Pos) Pada Rumah Makan Berkah Illahi 1,2.” Informatian Technology Journal 3(2): 27–34.

Permana, Silvester Dian Handy dan

Faisal. 2015. “Analisa Dan Perancangan Aplikasi Point Of Sale (POS) Untuk Mendukung Manajemen Hubungan Pelanggan.” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer 2(1): 20.

Wiguna, Putu Dika Arta, I Putu Agus Swastika, and I Putu Satwika. 2019. “Rancang Bangun Aplikasi Point of Sales Distro Management System Dengan Menggunakan Framework React Native.” Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi 4(3): 149–59.

Downloads

Published

2022-08-27

Issue

Section

Articles