PERANCANGAN SISTEM INFORMASI SIMPAN PINJAM BERBASIS WEBSITE PADA KOPERASI SUMBER MAKMUR

Authors

  • Eko Prasteyo Program Studi Sistem Informasi, STMIK Indonesia
  • Ratih Widayanti Kosaman Program Studi Sistem Informasi, STMIK Indonesia
  • Dany Yudha Krisna Program Studi Sistem Informasi, STMIK Indonesia

Abstract

Koperasi adalah tempat melakukan simpan pinjam keuangan, dimana koperasi sumber sejahtera masih dilakukan secara manual dengan menggunakan formulir, anggota atau calon anggota yang ingin melakukan pembayaran simpan pinjam, angsuran dan pendaftaran anggota baru serta pengajuan pinjaman masih menggunakan kertas bentuk-bentuk di koperasi, sehingga sering terjadi keterlambatan dalam pengelolaan informasi pada manajemen. Dalam hal ini juga, anggota baru atau calon anggota untuk memperoleh informasi dengan sistem yang ada, anggota atau calon anggota koperasi harus mengunjungi koperasi terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi atau melakukan transaksi. Banyak masyarakat yang membutuhkan tempat untuk menyimpan uang di koperasi karena persyaratannya yang mudah dan cocok untuk kalangan menengah, oleh karena itu koperasi sumber sejahtera ini perlu menggunakan sistem informasi simpan pinjam yang dapat membantu koperasi meminimalkan waktu proses transaksi tanpa harus datang ke koperasi. Dari permasalahan tersebut maka penulis mempunyai ide untuk merancang sistem informasi simpan pinjam berbasis website pada koperasi sumber sejahtera, dimana sistem ini akan membantu calon anggota, anggota, sekretaris bendahara dan ketua yang akan membuat proses waktu yang cepat dalam pendaftaran dan pembayaran .

References

Putratama, supono virdiandry. 2016. Pemrograman Web Dengan PHP Dan Fremework Codeigniter. Yogyakarta: Deepublish.

Rosa, and Shalahuddin. 2018. Rekayasa Perangkat Lunak. bandung: informatika bandung.

Schaduw, Frans Eduard, Syaiful Anwar, and Aburizal Fahmi. 2018. “Penerapan Metode Waterfall Dalam Sistem Informasi Registrasi Pendakian Gunung Sindoro Berbasis Web.” Seminar Nasional Inovasi Dan Tren (SNIT) 2018 3:13–18.

Dani Anggoro, Umar, Muhamad David, Ekalucy Vinanty, and Donny Dananjaya. 2015. “Rancangan Sistem Informasi Koperasi Simpan Pinjam Guru Dan Pegawai Pada Koperasi Smk Manggala Tangerang.” Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi 2015 (SENTIKA 2015) Yogyakarta, 28 Maret 2015 2015(Sentika):213–22.

Downloads

Published

2022-08-27

Issue

Section

Articles