PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN GAME MENGENAL HEWAN PADA TK MELANIA I BERBASIS ANDROID

Authors

  • Sri Anjarwati Lina Program Studi Informasi , STMIK Indonesia
  • Ferdy Gitawan Program Studi Informasi , STMIK Indonesia
  • Muhammad Iqbal Program Studi Informasi , STMIK Indonesia
  • Wahyu Widji Pamungkas Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Borobudur

Abstract

Penelitian ini dilakukan di TK Melania I Jakarta, pembelajaran mengenal hewan di sekolah masih menggunakan buku bergambar. Pihak sekolah ingin membangun semangat belajar bagi anak TK yang terbiasa menggunakan smartphone untuk bermain game, maka dari itu peneliti membangun sebuah game edukasi mengenal hewan berbasis android. Game mengenal hewan adalah aplikasi yang memberikan informasi tentang hewan dengan menampilkan gambar dan suara hewan, dan terdapat game untuk menyusun gambar hewan. Dalam perancangan peneliti menggunakan metode ADDIE. Pada perancangan ini menggunakan Software Construck 2 untuk membangun Game, Photosop untuk mengedit gambar, dan Web 2 Builder untuk mengekspor Game yang telah dibuat ke dalam Aplikasi Android.

References

Farid Ahmadi, H. I. (2018) Media Literasi Sekolah: Teori dan Praktik. Semarang: CV. Pilar Nusantara.

Hutahaean, J. (2015) Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish.

Isfantin Puji Lestari, S. (2019) PERAMALAN STOK SPARE PART MENGGUNAKAN METODE LEAST SQUARE. Sefa Bumi Persada.

Karman, J. K. (2019) Sistem Informasi Geografis Berbasis Android Studi Kasus Aplikasi SIG Pariwisata. Yogyakarta: Deepublish.

Kumala, D. P. (2018) Media Pembelajaran Bahasa: Aplikasi Teori Belajar dan Strategi Pengoptimalan Pembelajaran. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Maniah, H. D. (2017) Analisis dan Perancangan Sistem Informasi: Pembahasan Secara Praktis dengan Contoh Kasus. Yogyakarta: Deepublish.

Mulyani, S. (2017) Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Bandung: Abdi Sistematika.

Nurcholish, A. (2018) Membangun database arsip persuratan menggunakan pemrograman PHP dan Mysql. Sukabumi: CV Jejak.

Ridoi, M. (2018) Cara Mudah Membuat Game Edukasi dengan Construct 2: Tutorial sederhana Construct 2. Maskha.

Simanihuruk, Lidia, dkk (2019) E- Learning: Implementasi, Strategi dan Inovasinya. Yayasan Kita Menulis.

Downloads

Published

2022-08-27

Issue

Section

Articles