ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP SISTEM INFORMASI MY HOME CREDIT INDONESIA DENGAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

Authors

  • Ika Agustika Program Studi Informasi, STMIK Indonesia
  • Djoko Harsono Program Studi Informasi, STMIK Indonesia
  • Yefrie Mc Liu Program Studi Informasi, STMIK Indonesia
  • Anis Rohmadi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Borobudur

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi telah membawa banyak perubahan di berbagai bidang termasuk keuangan. Aplikasi My Home Credit Indonesia yang menawarkan layanan pembiayaan multiguna dan aplikasi kredit online dinilai sebagai terobosan yang memudahkan masyarakat dalam mengajukan kredit. Namun, pengguna sistem masih mengalami beberapa masalah dalam menggunakan sistem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna sistem My Home Credit Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Technological Acceptance Model (TAM). Berdasarkan hasil analisis jalur dari penelitian ini diketahui bahwa hubungan antar variabel memiliki hubungan yang positif yaitu 1) persepsi kemudahan penggunaan terhadap manfaat yang dirasakan, 2) manfaat yang dirasakan dari sikap pengguna, 3) kemudahan pengaruh yang dirasakan. pada sikap pengguna, 4) persepsi sikap pengguna terhadap minat pengguna, 5) persepsi minat pengguna terhadap penerimaan teknologi, 6) persepsi manfaat dari kepentingan pengguna. 7) persepsi kemudahan penggunaan, penggunaan bersama dari sikap pengguna, 8) persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kegunaan, sikap pengguna, bersama dengan minat pengguna, 9) persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kegunaan, sikap pengguna, minat pengguna bersama dalam penerimaan teknologi .

References

Ahmad Lukman, Munawir.(2018). Sistem Informasi Manajemen. Banda Aceh: Lembaga Komunitas Informasi Teknologi Aceh (KIT A).

Anggraeni Elisabeth Yunaeti, Irviani Rita.(2017). Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Davis, F. D., Bagozzi, R. P., & Warshaw, P. R. (1989). User acceptance of computer technology: A comparison of two. Management Science, 35`(8), 982–1003. https://doi.org/10.1088/2058-7058/30/1/43

Duli Nikolaus.(2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi dan Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Hendra, J., & Iskandar, A. (2016). Aplikasi Model TAM Terhadap Pengguna Layanan Internet Banking di Kantor Bank Jatim Cabang Situbondo. Jurnal Ecobuss, 4(1), 40– 48.

Hulu Victor Trismanjaya, Sinaga Taruli Rohana.(2019). Analisis Data Statistik Parametrik Aplikasi SPSS dan Statcal. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Huwaida Hikmayanti.(2019). Statistik Deskriptif. Banjarmasin: Poliban Press.

Khasanah, Sudarsono, S.B., Rubhasy, A., Liu, Y. MC, & Sulistiyowati, R. (Desember 2019). Analysis of Technology Acceptance Model Users of Flight Ticket Reservations Services of PT Lion Mentari Airline, 10(2), 89-92.

Downloads

Published

2022-08-27

Issue

Section

Articles