Kinerja Karyawan Perum Jamkrindo Cabang Palembang

Endro Praponco

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor-faktor  yang  mempengaruhi kinerja karyawan Perum Jamkrindo Cabang Palembang. Penelitian dilaksanakan di  Perum Jamkrindo Cabang Palembang.

Populasi karyawan berjumlah 57 orang dan semuanya dijadikan sampel penelitian berjumlah 57 orang, 15 orang karyawan untuk uji coba instrumen dan 15 orang karyawan lagi untuk data penelitian. Sampling dengan menggunakan Purposive sampling yaitu sampel yang dipilih dengan cermat hingga relevan dengan desain penelitian. Data yang digunakan adalah data primer dengan cara mengirimkan kuesioner kepada responden

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian survey dan dengan menggunakan skala likert didapatkan data angka. Data Angka diolah dengan menggunakan program aplikasi SPSS versi 18. Analisa statistik yang digunakan adalah metode analisa korelasi dan regresi berganda, Uji Determinasi, Uji t dan F (signifikansi). Variabel penelitian untuk X1 yaitu Motivasi Kerja dan X2 yaitu Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) dan variabel Y yaitu Kinerja Karyawan..

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Motivasi Kerja dan Diklat terhadap Kinerja Karyawan baik secara parsial maupun simultan. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan Uji t dan Uji F. Hasil Uji t menyatakan bahwa nilai probability value (p.v) secara parsial untuk X1 sebesar  0,000 < α = 0,05 sedangkan p.v untuk X2 sebesar 0,000 < α = 0,05 berpengaruh sangat signifikan terhadap Y. Hasil Uji Anova/ Uji F  menyatakan nilai p.v secara simultan antara X1 dan X2 terhadap Y sebesar 0,000 < α = 0,05. Dari hasil uji F tersebut berarti bahwa Motivasi Kerja (X1) dan Diklat (X2) berpengaruh sangat signifikan terhadap Kinerja Karyawan (Y) secara bersama-sama.

Untuk nilai korelasi berganda antara (X1) dan (X2) terhadap kinerja karyawan (Y) sebesar 0,998, artinya hubungan antara variabel Motivasi Kerja (X1) dan diklat (X2) terhadap kinerja karyawan (Y) adalah sangat kuat dan positif (searah). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ternyata Motivasi Kerja (X1) dan Diklat (X2) terhadap kinerja karyawan (Y) mempunyai hubungan (korelasi) yang sangat kuat dan positif (searah). Pengaruh Motivasi Kerja (X1) mempunyai pengrauh secara parsial terhadap Kinerja Karyawan (Y), begitu juga dengan Diklat  (X2) Terhadap Kinerja Karyawan (Y). Sedangkan  Motivasi Kerja (X1) dan Diklat (X2) Terhadap Kinerja Karyawan (Y) memiliki pengaruh secara simultan. Oleh sebab itu secara umum dapat disimpulkan bahwa Motivasi Kerja dan Diklat mempengaruhi kinerja karyawan secaara positif dan signifikan.

Kata Kunci: Motivasi Kerja, Diklat dan kinerja karyawan

Full Text:

PDF

References


Asdam, Muhamad. Peningkatan Motivasi., Jurnal Pendidikan

A. Noesyirwan, Moeins, H.Prof.DR, MM, MSi. Perencanaan Sumber Daya Manusia. Universitas Tridinanti, Palembang, 2011.

Daft, Ricahrd. Manajemen. Jakarta. Erlangga. 2000.

Dale Furtwengler. Penilaian Kinerja. Andi, Yogyakarta, 2002.

Dessler, Gary. Human Resource Management. Sevent Edition, Prentice-Hall, 1997.

Hadi, Susilo. Manajemen. Yogyakarta:BPFE. 2005.

Handoko,T,Hani. Manajemen. BPFE-Yogyakarta, 1995.

Handoko, Hadi. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta:BPFE. 2000.

Malayu, S.P, Hasibuan. Manajemen Suberdaya Manusia dan Kunci Keberhasilan. CV Masagung, Jakarta, 1990.

Marzuki. Metodologi Riset. cetakan Keempat, BPFE – UII, Yogyakarta, 1989.

Moekijat, Drs. Latihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Mandar Maju, Bandung, 1991.

Simamora, Henry. Manajemen Sumber Daya Manusia. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (YKPN), Edisi Kedua, Yogyakarta, 1996.

Siswoyo Haryono, H.Prof.Dr, MM, MPd. Intisari Teori Kepemimpinan. PT. Intermedia Personalia Utama, Jakarta, 2011.

Supardi, MM, Menyusun Karya Tulis Ilmiah, BPFE – UII, Yogyakarta, 1996.

Timpe, A. Dale. Kinerja. Seri Ilmu dan Seni Manajemen Bisnis, PT. Gramedia Asri Media, 1992.




DOI: https://doi.org/10.37721/je.v19i1.15

Refbacks

  • There are currently no refbacks.