Analisis Pengendalian Intern Atas Pembelian Barang dan Hutang Dagang pada Omah Pincuk Resto

Authors

  • Eko Cahyo Mayndarto

DOI:

https://doi.org/10.37721/je.v19i1.16

Abstract

Dalam usaha untuk mencapai tujuan umum perusahaan yaitu memaksimumkan laba, manajemen tidak dapat menghindari risiko yang timbul, mereka hanya dapat mengurangi risiko tersebut. Salah satu cara atau alat yang dapat digunakan untuk mengurangi risiko tersebut adalah dengan menciptakan suatu pengendalian intern yang memadai yang dapat membantu perusahaan untuk mencapai tujuan-tujuannya dengan lebih efektif serta meningkatkan efisiensi operasi.Dengan bertambah luasnya perusahaan, maka dalam menjalankanusahanya, seorang pimpinan tidak mungkin terlibat secara langsung dengan semua kegiatan perusahaan, oleh karena itu pengendalian intern memiliki peranan yang sangat penting dalam suatu perusahaan untuk mencegah terjadinya kecurangan di dalam perusahaan.Pengendalian intern yang baik perlu dimiliki oleh setiap perusahaan untuk menekan terjadinya kesalahan-kesalahan sehingga berbagai penyelewengan yang terjadi dapat diketahui dengan cepat.Pengendalian intern atas pembelian dan hutang pada Omah Pincuk Resto sudah cukup efektif, hal tersebut dapat dilihat dari adanya komunikasi mengenai kejujuran, struktur organisasi telah memberikan gambaran yang jelas tentang tanggung jawab dan wewenang, internal auditor melakukan pemantauan atas sistem dan prosedur, adanya pertimbangan manajemen terhadap beberapa risiko, perancangan dokumen sudah cukup baik, pemisahan tugas dan otorisasi sudah memadai serta perlindungan terhadap aktiva dan catatan sudah dilakukan dengan baik.

References

Boynton, William C, et.al.,Modern Auditing, seventh edition, USA: John Wiley & Son’s. 2005.

Halim, Abdul, Auditing Dasar-Dasar Audit Laporan Keuangan, edisi kedua, Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan AMP YKPN, 2001.

Hartadi, Bambang, Sistem Pengendalian Intern Dalam Hubungannya dengan Manajemen dan Audit, Yogyakarta: BPFE, 2003.

Ikatan Akuntan Indonesia, Standar Akuntansi Keuangan, Jakarta: Salemba Empat, 2001.

James K. Lobbecke, Arens, Alvin A. Auditing an Integrated Approach, eight edition, New Jersey: Prentice-Hall, 2002.

James K. Loebbecke, Arens, Alvin A. Auditing an Integrated Approach, eight edition, diterjemahkan oleh Amir Abadi Jusuf,Auditing, jilid I, Jakarta: Salemba Empat, 1992.

Jusup, AL Haryono, Auditing Pengauditan, Yogyakarta: STIE YKPN, 2004.

Mulyadi, Sistem Akuntansi, Edisi Ketiga, Jakarta: Salemba Empat, 2003.

Mulyadi dan Kanaka Puradiredja, Auditing, Edisi Kelima, Jakarta: Salemba Empat, 2003.

Sukrisno, Agoes, Auditing Pemeriksaan Akuntan oleh Kantor Akuntan Publik, edisi kedua, Jakarta: LP-FEUI, 2005.

Wirakusumah, Arifin H.R dan Sukrisno Agoes, Tanya Jawab Praktik Auditing, Jakarta: LP-FEUI, 2003.

Downloads