Analisis Tolok Ukur Stabilitas Moneter Terhadap Penghimpunan Dana Masyarakat Serta Dampaknya Terhadap Kemampulabaan Bank

Authors

  • Pudji Astuty

DOI:

https://doi.org/10.37721/je.v15i3.239

Abstract

“Analisis Tolak Ukur Stabilitas Moneter Terhadap Penghimpunan Dana Masyarakat Serta Dampaknya Kepada Kemampulabaan Bank”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Inflasi, suku bunga SBI, dan Nilai Tukar Rp/$ terhadap Dana Pihak Ketiga dalam Rupiah (DPK Rp) dan Dana Pihak Ketiga dalam Dollar (DPK $), serta dampaknya kepada Kemampulabaan Bank (ROE) pada Bank Umum Swasta Nasional Devisa. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data Sekunder yang dikumpulkan dari hasil publikasi Bank Indonesia pada statistik perbankan dan studi literatur lain. Metode pengolahan data menggunakan metode analisis jalur dengan bantuan alat analisis AMOS 16.0. Pengujian statistik dalam penelitian ini menggunakan Uji Goodness of Fit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel Inflasi, suku bunga SBI dan Nilai Tukar Rp/$ berpengaruh signifikan terhadap DPK Rupiah, DPK Dollar dan seluruh variabel tersebut terhadap ROE. Secara parsial menunjukkan bahwa pada analisis pertama, yaitu Substruktur I, hanya variabel Inflasi dan Nilai Tukar Rp/$ yang berpengaruh signifikan terhadap DPK Rp, sedangkan pada analisis kedua, yaitu Substruktur II, hanya variabel Nilai Tukar Rp/$ yang berpengaruh siginifikan terhadap DPK Dollar dan pada analisis terakhir, yaitu Substruktur III, diketahui bahwa seluruh variabel (Inflasi, suku bunga SBI, Nilai Tukar Rp/$, DPK Rupiah dan DPK Dollar) berpengaruh signifikan terhadap kemampulabaan bank (ROE). Kata kunci : Inflasi, suku bunga SBI, Nilai Tukar Rp/$, DPK Rp, DPK $ dan ROE

References

Abdullah, Burhanudin. 2003. Strategi Kebijakan Moneter bagi Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan. Disampaikan pada Sidang Terbuka Senat Guru Besar dalam rangka Dies Natalis Ke-46 UNPAD, 11 September.

Bank Indonesia. 2004-2009. “Laporan Tahunan 2004-2009”. Bank Indonesia: Jakarta.

Bank Indonesia. 2003. “Pusat Pendidikan dan Studi Kebansentralan”. Bank Indonesia: Jakarta

Boediono. 2001. “Ekonomi Moneter, Edisi 3”.BFE: Yogyakarta.

Cho, Dongchul. 2004. “Interest Rate, Inflation, and Houshing Price ; With En Emphasis on Chonsei price in Korea”. Development Institude: Korea.

Cahyono, Ari. 2009. “Pengaruh Indikator Makroekonomi terhadap Dana Pihak Ketiga dan Pembiayaan Bank Syariah Mandiri”. Program Pascasarjana UI: Jakarta.

Dornbusch, Rudi,et al. 2008. “Ekonomi Makro Edisi ke 10”. PT. Media Global Edukasi: Jakarta.

Farikh, Mohammad Nurdian. 2007. “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Dana Pihak Ketiga Perbankan Syariah dan Konvensional di Indonesia”. Program Pascasarjana UI: Jakarta.

Ferdinandus, Stanley J. 2009. “Replikasi Porposal Thesis”. Pascasarjana UNPAD: Bandung.

Ghozali, Imam. 2008. “Model Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi dengan Program AMOS 16.0”. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Hamid, Abdul. 2006. “Buku Panduan Penulisan Skripsi, cetakan 1”. FEIS UIN Syarif Hidayatullah Press VII: Jakarta,

Hasibuan, Malayu SP. 2005. “Dasar-dasar Perbankan”. Penerbit PT. Bumi Aksara: Jakarta.

Iswandoro. 1999. ”Uang dan Bank”. Edisi Keempat. BPFE:Yogyakarta.

Jiang, Guorong, Nancy Tang, Eve Law, and Angela Sze. 2003. “The Profitability of the Banking Sector in Hong Kong”. Hong Kong Monetary Authority Quarterly Bulletin.

Kabir, Hassan M and Abdeel Hameed M Bashir. 2004. “Determinants of Islamic Banking Profitability”. ERF Paper, 10th. Conference.

Kasmir. 2001. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya”. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Khalwaty, T. 2004. “Infalsi dan Solusinya”. PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Kuncoro, Mudrajad dan Suhardjono. 2002. “Manajemen Perbankan;Teori dan Aplikasi”. BPFE: Yogyakarta.

Lestari, Ika Maharani dan Toto Sugiharto. 2007. “Kinerja Bank Devisa dan Bank Non Devisa serta Faktor-faktor yang Mempengaruhinya”. Jurnal Manajemen Ekonomi . Proceeding PESAT: Universitas Gunadarma.

Luthfi, M Hamidi. 2007. “Ssitem Moneter Global yang Stabil dan Berkeadilan”. Senayan Abadi Publishing: Jakarta.

Madura, Jeff. 2000. ”International Financial Management”. South-Western College Publishing : USA.

Mankiw, Gregory. 2006. “Teori Makro Ekonomi, edisi enam”. PT. Gelora Aksara Pratama: Jakarta.

Manurung, Mandala dan Prathama Rahardja. 2004. “Uang, Perbankan, dan Ekonomi Moneter”. FEUI: Jakarta.

Nasution, A. 2003. Efektifitas Kebijakan Moneter di Tengah Ketidakpastian Perekonomian Indonesia. Disampaikan pada Seminar Nasional di Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang.

Nopirin. 1987. Ekonomi Moneter. BPFE : Yogyakarta

Prawiroardjo, Priasmoro. 1987. “Perbankan Indonesia 40 Tahun dalam Teori Ekonomi dan Kebijakan Pembangunan (Kumpulan Esai untuk menghormati Sumitro Djojohadikusumo) disunting oleh Hendra Esmara”. PT. Gramedia: Jakarta.

Pohan, Aulia. 2008. ”Kerangka Kebijakan Moneter dan Implementasinya di Indonesia”. PT. RajaGrafindo Persada: Jakarta.

Pohan, Aulia. 2008. “Potret Kebijakan Moneter Indonesia”. PT Rajagrafindo Persada: Jakarta.

Putri, Intan Cynara Valentina. 2006. “Pengaruh Tabungan dan Deposito terhadap Tingkat Rentabilitas di Bank BNI, BRI, dan Mandiri”. Universitas Widyatama: Bandung.

Republik Indonesia. “Undang-undang No.10 Tahun 1998 tentang Perubahan Undang-undang No. 7 Tahun 1992 tentang perbankan”, Jakarta, 1998.

Riduwan, Engkos Ahmad Kuncoro. 2008. “Cara menggunakan dan mamaknai ANALISIS JALUR (PATH ANALYSIS)”. Alfabeta: Bandung.

Riyadi, Slamet. 2003. “Banking Assets and Liability Management”. Penerbit FEUI: Jakarta.

Sambas Ali Muhidin dan Maman Abdul Rahman. 2007. “Analisis Korelasi, Regresi dan Jalur Dalam Penelitian”. Pustaka Setia: Bandung.

Samuelson, Paul. A and William P Nordhaus. 2001. “Economics”. Erlangga: Jakarta.

Samuelson, Paul. A and William P Nordhaus. 2001. “Ilmu Makro Ekonomi, Edisi 17”. PT. Media Global Edukasi: Jakarta.

Sarwono, Hartadi A dan P Warjiyo. 1998. “Mencari Paradigma Baru Manajemen Moneter dalam Sistem Nilai Tukar yang Fleksibel”. Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan. Vol.1/Juli: Bank Indonesia.

Sarwono, Jonathan. 2007. Analisis Jalur Untuk Riset Bisnis dengan SPSS. Penerbit Andi: Yogyakarta.

Siamat, Dahlan. 2001. “Manajemen Lembaga Keuangan”. Lembaga Penerbit FEUI: Jakarta.

Soebagiyo, D. & E.H Prasetyowati. 2003. “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi indeks Harga Saham di Indonesia”, Jurnal Ekonomi Pembangunan, Volume 4, No.2, 81-204.

Subik M, William D. Sudderth, Deanakoplos J., 2001, Inflationary Bias in a Simple Stochastic Economi, Cowles Foundation Discussion Paper No. 1333, Amerika.

Sukirno, Sadono. 2008. Pengantar Teori Makro Ekonomi”. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Susilo, dkk. “Bank & Lembaga Keuangan Lain”, Salemba Empat, Jakarta, 2000.

Walko, Zoltan, Reiningers,2004, Thomas, Credit and deposit Interest Rate, Austrian Bank, Austria.

Warjiyo, Perry. “Stabilitas Sistem Perbankan dan Kebijakan Moneter”, Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan, Bank Indonesia, Jakarta, 2004

Yunita, Patria. 2007. ”Pengaruh suku bunga SBI, Tingkat Inflasi, dan Kurs US Dollar Terhadap Kinerja Penghimpunan Dana Pihak Ketiga Perbankan Syariah”. Program Pascasarjana UI: Jakarta.

Downloads

Issue

Section

Articles