Analisis Current Ratio dan Firm Size Terhadap Betha Saham dan Return Studi Pada Perusahaan Asuransi yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2013

Authors

  • Fauziah Akib

DOI:

https://doi.org/10.37721/je.v18i1.287

Abstract

Return saham merupakan salah satu daya tarik investor untuk menanamkan modalnya disuatu perusahaan, tetapi faktanya return saham sendiri banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah likuiditas perusahaan, pada saat likuiditas tinggi maka return saham seharusnya tinggi, tetapi dari data penelitian yang ada likuiditas belum tentu menaikkan return saham, mayoritas perusahaan sampel selama periode penelitian banyak membayarkan klaim maka mengakibatkan kas yang dimiliki oleh perusahaan digunakan untuk membayarkan klaim tersebut. Disamping itu firm size juga mempengaruhi return saham, makin besar suatu perusahaan semakin mudah perusahaan tersebut untuk masuk dalam pasar modal, serta memudahkan perusahaan dalam mendapatkan dana dari investor, sebaliknya bagi perusahaan kecil akan sulit untuk bersaing di pasar modal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh current ratio dan firm size terhadap return saham, pengaruh current ratio dan firm size terhadap beta saham, pengaruh beta saham terhadap return saham pada perusahaan asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2009-2013. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini 9 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2009-2013. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis partial least square (PLS) dengan software SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa current ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham, serta firm size berpengaruh signifikan positif terhadap return saham. Hasil penelitian juga ditemukan current ratio dan firm size tidak berpengaruh signifikan terhadap beta saham, serta beta saham tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham. Kata kunci: Current ratio, firm size, beta saham, return saham

References

Adiwiratama, J. (2012). Pengaruh Informasi Laba, Arus Kas dan Size Perusahaan Terhadap Return Saham (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI). Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika, 2 (1).

Bodie, Z., Kane, A., & Marcus, A. J. (2008). Essential of Investment. New York: McGraw-hill.

Elton, J., & Gruber, J. M. (1994). Modern Portfolio Theory and Investment Analysis. Singapore: John Wiley & Sons.

Eun, C. S., & Resnick, B. G. (2007). International Financial Management. New York: McGraw-Hill.

Global Business Guide Indonesia.

www.gbgindonesia.com. (2011)

Ghozali, I. (2006). Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2009). Model Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi dengan Program AMOS 16.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gumanti, T. A. (2011). Manajemen Investasi Konsep, Teori dan Aplikasi. Mitra Wacana Media.

Hanafi, M. M. (2014). Manajemen Keuangan. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Harris, P., & Mongiello, M. (2006). Accounting and Financial Management. Butterworth-Heinemann is an imprint of Elsevier.

Hartono, J. (2014). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Yogyakarta: BPFE.

Hartono, J., & Na’im, A. (1998). The Effect of a legal Process on Management of Accruals: Further Evidences on Management of Earnings. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia 13.

Horne, J., & Wachowics, J. (1992). Fundamentals of Financial Management. Prentice-Hall International Edition.

Husnan, S., & Pudjiastuti, E. (2012). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Hutauruk, M. R., Mintarti, S., & Paminto, A. (2014). Influence of Fundamental Ratio, Market Ratio and Business Performance to The Systematic Risk and Their Impact to The Return on Shares at The Agricultural Sector Companies at The Indonesia Stock Exchange for The Period of 2010-2013. Academic Research International.

Iqbal, S., Iqbal, N., & Khan, N. (2015). Systematic Risk Determinants: A Case of Manufacturing Sector of Pakistan (2009-2014). Industrial Engineering Letters.

Iqbal, M. J., & Shah, S. Z. (2012). Determinants of Systematic Risk. The Journal of Commerce.

Kasmir (2013). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajagrafindo Perkasa.

Laporan Harga Saham

http://www.finance.yahoo.com/

Laporan Keuangan dan Tahunan.

http://www.idx.co.id/

Laporan Keuangan dan Tahunan.

Indonesian Capital Market Directory (ICMD)

Martani, D., Mulyono., & Khairurizka, R. (2009). The Effect of Financial Ratios, Firm Size and Cash Flow from Operating Activities in The Interim Report to The Stock Return. Chinese Business Review, 8 (6).

Naim, A., & Hartono, J. (1996). The Effect of Antirust Investigation on the Management of Earnings: A Further Empirical Test of Political Cost hypothesis. Kelola: Gadjah Mada university Business Review.

Nazir, M. (1983). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nguyen, T. H., & Leander, C. (2014). The Information Content of Bank Liquidity. University of Gothenburg.

Nitisusastro, M. (2013). Asuransi dan usaha Perasuransian di Indonesia. Alfabeta.

Nova, I. K., Ramantha, I. W., & Wirakusuma, M. G. (2013). Analisis Variabel Keuangan sebagai Prediktor Beta Saham. Jurnal Universitas Udayana.

Palupi, Agustin. (2014). Hubungan Antara Variabel Akuntansi dan Return Saham dengan Beta Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 16 (2), 166-180.

Prawironegoro, D. (2009). Manajemen Keuangan. Jakarta: Nusantara Consulting.

Rodoni, A. (2014). Manajemen Keuangan Modern. Mitra Wacana Media.

Sharpe, W. (1963). A Simplified Model for Portfolio Analysis. Management Science 9.

Solechan, A. (2007). Pengaruh Earning, Manajemen Laba, IOS, Beta, Size dan Rasio Hutang Terhadap Return Saham Pada Perusahaan yang Go Public di BEI. Jurnal STMIK Himsya.

Statistik Perasuransian 2013

http://www.ojk.go.id/

Subramanyam, K. R., & Wild, J. J. (2010). Financial Statement Analysis (Dewi Yanti, Penerjemah). Jakarta: Salemba Empat.

Sudana, I. M. (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktik. Jakarta: Erlangga.

Sugiarto, A. (2011). Analisa Pengaruh Beta, Size Perusahaan, DER dan PBV Ratio Terhadap Return Saham. Jurnal Dinamika Akuntansi.

Sugiyono (2008). Metodologi Penelitian Bisnis (11th ed.). Bandung: Alfabeta

Sujarweni, W. (2014). Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Suliyanto (2011). Ekonometrika Terapan. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Susanti, M. N. (2010). Statistika Deskriptif dan Induktif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sutjipto, E. (2007). Pengaruh Beta, DER dan EPS Terhadap Return Saham Pada Sektor Properti di Bursa Efek Jakarta tahun 2004-2006. Jurnal SOLUSI

Ulupui, I.G. (2007). Analisis Pengaruh Rasio Likuiditas, Leverage, Aktivitas dan Profitabilitas Terhadap Return Saham (Studi pada Perusahaan Makanan dan Minuman dengan Kategori Industri Barang Konsumsi di BEJ). Jurnal Universitas Udayana

Wahyudi, K. D., & Khotimah, S. K. (2014). Faktor Fundamental yang Mempengaruhi Beta Saham Perusahaan Industri di Bursa Efek Indonesia. Majalah Ilmiah "Dian Ilmu".

Watts, R. L., & Zimmerman, J. L. (1978). Towards a Positive Theory of the Determination of Accounting Standard. Accounting Review 53.

Downloads