Analisis Struktur Pasar, Perilaku dan Kinerja Industri Kosmetik (consumer goods) di Indonesia

Francisca Sestri Goestjahjanti

Abstract


Struktur Pasar Industri Koemetik Consumer Good yang diteliti merupakan bentuk pasar
oligopoli ketat (tight oligopoly) di mana HHI dari tahun ke tahun meningkat dan besarnya >
1.800. Pangsa pasar PT Unilever Indonesia semakin meningkat dan menjadi dominan di antara
tiga besar. PT Mustika Ratu sebagai pengikut pangsa pasarnya mulai terkikis oleh pendatang
baru.
Prilaku industry yang mempengaruhi kinerja industry antara lain ; kemampuan
manajemen diferensiasi produk, riset dan pengembangan pasar, kepemilikan jaringan industry
yang luas, kolaborasi dalam jaringan industry kosmetik, ikut serta dalam pembuatan peraturan
perdagangan, belanja iklan yang tinggi sebagai sarana mempertahankan posisi pemimpin pasar
(market leader), juga masuknya pemain baru, ketepan informasi pasar, sangat menentukan
kinerja industry yang harus dicermati.


Full Text:

PDF

References


Kementrian Perindustrian, Badan POM

“Sosialisasi pemakaian kosmetik yang

benar “ Jakarta, 09 Desember 2010

Ketua PPA – K (Persatuan Perusahaan

dan Asosiasi Kosmetik Indonesia )

Komisi IX DPR-RI “RDPU aturan

rumah sakit, obat tradisional dan

kosmetik dan hambatan peraturan

tentang ijin produksi” Gedung

Nusantara 1. Jakarta 2010

Media Indonesia “Pembukaan Pameran

Obat Tradisional & Kosmetika

Nasional”. Jakarta, 17 Oktober 2012

Internet. “Data Profile PT. Unilever

Indonesia Tbk”. 2012

Internet. “Data Profile PT. Tempo Scan

Pasific Tbk”. 2012

Internet. “Data Profile PT. Tanco

Indonesia, Tbk”. 2012

Corporate Secretary PT. Mustika Ratu

Tbk. “Laporan Keuangan 2007– 2012”.

Jakarta 2012

Majalah SWA “Edisi khusus Best

Brand Award 2012“. Jakarta 2012

Prof. Dr. Sudarsono MSc, “Pengantar

Ilmu Ekonomi Mikro”, Jakarta 1995

William C.Sheperd “ The Economics

of Industrial Organization” Prentice-

Hall 1990

Dwi Wahyu Sulistyo Utomo (

, “Analisa struktur pasar

produk rokok di indonesia“ Internet

PNK “Pengantar Ilmu Ekonomi“

Kurikulum 2007, Internet 2012




DOI: https://doi.org/10.37721/je.v18i1.290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.