Pengaruh Label Halal, Citra Merek dan Persepsi Kualitas terhadap Keputusan Pembelian Produk Minyak Angin Aromaterapi Merek Freshcare

Authors

  • Agung Dewantoro, Sampurno, dan Deriawan

DOI:

https://doi.org/10.37721/je.v20i2.446

Abstract

FreshCare is one of the brand of aromatherapy oil, which is the market leader nowadays. In recent years, competitors continue to increase their marketing activities to capture freshcare market share. Currently Freshcare is the only aromatherapy oil product that has obtained halal certification. The aim of this study was to determine the effect of  halal label, brand image and perceive quality on purchase decision of Freshcare brand. Sampling using non-probability sampling method, with Purposive Sampling technique. Data collection techniques with questionnaires which distribute to 250 respondents. The results showed that the halal label has signifiant affects on purchasing decisions with tcount (4,531) > ttable (1,970). Brand image has signifiant affects on purchasing decisions with tcount (2,717) > ttable (1,970). perceived quality has signifiant affects on purchasing decisions with tcount (4,736) > ttable (1,970). halal label, brand image and perceived quality simultaneously has signifiant affects on purchasing decision with value Fcount (26.277) > Ftabel (2.641). Among the three exogenous latent variables, perceived quality has the most dominant variable affects on purchasing decision.

References

Anggraeni A Rr, Prabowo H. Analisis Pengaruh Persepsi Kualitas Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Pada Pembelian Ulang: Studi Kasus Majalah Mix Di Jakarta Selatan. Jakarta : Binus University; 2012, H 2-9.

Augusty, Ferdinand. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis Dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro; 2006.

Darianto D, Sugiarto, Sitinjak T. Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas Dan Perilaku Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka, 2004.

Ghozali Imam, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 21 Update PLS Regresi, Edisi 7, Semarang; Badan Penerbit Universitas Diponegoro; 2013

Kotler, P., 2003, Manajemen Pemasaran Millenium Edition, 26-30, Prentice Hall, New Jersey.

Kotler, Philip. Prinsip - Prinsip Pemasaran, Jilid 1 Edisi Keduabelas, Jakarta: Erlangga; 2008. H,272 -273

Kotler, Philip. Prinsip - Prinsip Pemasaran, Jilid 1, Edisi Keduabelas, Jakarta: Erlangga; 2008. H, 179 – 181.

Mustafa Hasan. Teknik Sampling. Bandung; alfabeta 2000, H 1-11.

Republik Indonesia. 2014. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal. Lembaga Negara Ri. Tahun 2014. Sekretariat Negara. Jakarta.

Schiffman, L.G. & Kanuk, L. L., Perilaku Konsumen, Edisi Ketujuh, Jakarta; Pt Indeks, 2004, H, 485

Sugiyono, Dr. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Jakarta: Alfabeta; 2010. H 11.

Sugiyono. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, Dan Disertasi. Bandung : Cv. Alfabet; 2013, H 62-3.

Schiffman, L.G. & Kanuk, L. L., Perilaku Konsumen, Edisi Ketujuh, Jakarta; Pt Indeks, 2004, H, 478

Setiadi, N.J., 2003, Perilaku Konsumen : Konsep Dan Implikasi Untuk Strategi Dan Penelitian Pemasaran,H, 160, Kencana Prenada Media, Jakarta.

Swastha, Basu. Asas-Asas Marketing Edisi 7. Yogyakarta: Liberty; 2009.

Santoso, S. Buku Latihan Spss Statistik Parametrik. Jakarta: Pt. Elex Media Komputindo, Kelompok Gramedia; 2000.

Tjiptono, Fandi, Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga, Yogyakarta: Andi offset; 2008, h-107

Undang-Undang Republik Indonesia. No. 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal.Sekretariar Negara. 2014.

Veronica Atik Widyanti Putri. Pengaruh Citra Merek, Persepsi Kualitas Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Pada Pembelian Ulang Kosmetika Tata Rias Wajah “Wardah” (Penelitian Pada Mahasiswi Perguruan Tinggi Wilayah Depok, Jawa Barat), (Tesis) Jakarta : Universitas Pancasila; 2014, H-9.

Bahan-Bahan dari Situs di Internet :

Sekilas Tentang Minyak Angin Aromaterapi. Diambil Dari :

Https://Pronois.Wordpress.Com/Sekilas-Aromatherap/. Diakses 01 Desember, 2017.

Cara Freshcare Segarkan Pasar Minyak Angin. Diambil Dari

:Https://Swa.Co.Id/Swa/Headline/Cara-Fresh-Care-Segarkan-Pasar-Minyak-Angin. Diakses 10 Desember, 2017

Fresh Care, Karena Inovasinya Menyegarkan Pasar Minyak Angin. Diambil Dari : Https://Www.Marketing.Co.Id/Fresh-Care-Inovasinya-Mengubah-Pasar-Minyak-Angin/. Diakses 11 Desember, 2017.

Sekilas Tentang Top Brand. Diambil Dai :Http://Www.Topbrand-Award.Com/About-Top-Brand. Diakses 20 Maret 2018

Fresh Care Bicara Kehalalan. Diambil Dari :

Http://Www.Dwisapta.Com/Index.Php/News_Event/View/139. Diakses 10, Desember 2017.

Keller, K.L., 2013, Strategic Brand Management : Building, Managing, And Measuring Brand Equity 4th Edition, 76-79, Pearson, London.

Pengertian Brand Image (Citra Merek). Diambil Dari :

Http://Www.Pendidikanekonomi.Com/2012/11/Pengertian-Brand-Image.Html. Diakses 15 Desember, 2017.