Analisis Perilaku Konsumen Listrik Pra Bayar di Kelurahan Tanjung Barat Jakarta Selatan

Authors

  • Nurlelasari Ginting
  • Imelda Barus

DOI:

https://doi.org/10.37721/je.v22i2.650

Abstract

Pemerintah selalu berusaha memberi kemudahan dalam melayani masyarakat. Pemerintah melalui PLN memberikan layanan yang berbeda yaitu  sistem  prabayar. Pemerintah  berharap pelanggan bisa dengan mudah mengendalikan pemakaian, mudah membayar dan bisa hemat. Namun demikian sistem  listrik prabayar ini perlu dibuktikan dengan penelitian, bagaimana sikap pelanggan terhadap listrik prabayar, dan pendekatan purposive, cluster, quota dan non random sampling. Data dikumpulkan dengan daftar pertanyaan, ditabulasi dan diolah dengan pendekatan kualitatif, sehingga kesimpulan yang didapatkan dari penelitian adalah : Dengan menggunakan listrik prabayar pengendalian pemakaian listrik lebih mudah dilakukan, lebih hemat,  dan  pembayaran listrik juga lebih mudah dilakukan. Selain itu saran juga di sampaikan .PLN harus mensosialisasi kepada pelanggan , agar pelanggan mengetahui cara pemakaian yang benar dan memberi info di mana saja mereka bisa mengisi ulang token listriknya. Kata kunci : listrik, prabayar, hemat ,  perilaku  konsumen,, token

References

Basu Swasta, Hani H. 1987. Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen, Liberty, Yogyakarta.

Dharmmesta, Basu Swastha dan T. Hani Handoko. 1997. Manajemen Pemasaran: Analisa Perilaku Konsumen edisi pertama, Yogyakarta : BPFE Yogyakarta.

Freddy Rangkut, 1999, Riset Pemasaran, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

J. Supranto, 1986. Metode Riset, Aplikasinya Dalam Pemasaran, Edisi 4, LPFE-UI, Jakarta

--------------, 1987.Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menarik Pangsa Pasar, Rineka Cipta, Jakarta

James, F. Engel, dkk, 1994. Perilaku Konsumen Jilid 1, Edisi 6. Alih Bahasa Fx Budiyanto, Binaputra Aksara, Jakarta

----------------------------------. Perilaku

Konsumen Jilid 2, Edisi 6. Alih Bahasa Fx Budiyanto, Binaputra Aksara, Jakarta.

Kotler, Philip, 1997. Manajemen Pemasaran, Edisi Bahasa Indonesia Jillid 1, Edisi 9, PT. Prenhallindo, Jakarta

Kotler, Philip, Amstong, Gerry, 2008. Prinsip-PrinsipPemasaran, Edisi Bahasa Indonesia Jillid 1, Edisi 12, Erlangga,

Jakarta

----------------------------. Prinsip-PrinsipPemasaran, Edisi Bahasa Indonesia Jillid 2, Edisi 12, Erlangga,Jakarta

Setiadi, Nugroho J. 2010. Perilaku Konsumen. Jakarta : Kencana.

Suryo, Eko. 2010 “TOKEN”. Dalam Standar Prosedur Pelayanan Listrik Pra Bayar,

Jakarta.

PT PLN(Persero) Distribusi Jakarta Raya Dan Tangerang. Standar Prosedur Pelayanan Listrik Pra Bayar. Jakarta.

Downloads

Published

2020-07-08