STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MELALUI DIGITAL MARKETING PADA KEBUN HIDROPONIK HIROTO FARM BOGOR

Authors

  • henita fajar oktavia UNIVERSITAS BOROBUDUR
  • Safira Fathin Borobudur University

Abstract

Indonesia merupakan negara agraris yang memiliki potensi cukup tinggi di bidang pertanian. Sistem pertanian yang berkembang di Indonesia salah satunya adalah sistem hidroponik. Hiroto Farm merupakan perusahaan pertanian hidroponik di Kota Bogor yang bergerak pada pasar B2B (Business to Business) dengan menargetkan restoran dan swalayan di Kota Bogor, Jakarta dan Tangerang, namun hingga saat ini produk Hiroto Farm belum dapat terserap secara optimal oleh pasar. Tujuan penelitian adalah merumuskan ide pengembangan bisnis menggunakan analisis SWOT pada perusahaan Hiroto Farm Kota Bogor serta menyusun perencanaan pengembangan bisnis melalui digital marketing. Kesimpulan yang diperoleh adalah melalui analisis SWOT pada perusahaan Hiroto Farm, didapatkan ide pengembangan bisnis yaitu perluasan pasar sayuran hidroponik melalui pemanfaatan digital marketing. Ide bisnis ini merupakan solusi mengurangi kerugian dari kelebihan volume produksi dengan memanfaatan peluang dari pergeseran pola konsumsi makanan sehat dan pola pembelian masyarakat yang banyak berbelanja online. Ide bisnis ini akan menyasar target pasar baru yaitu konsumen akhir, sehingga dapat meningkatkan penjualan di perusahaan Hiroto Farm. Maka, kepada Hiroto Farm yaitu perusahaan perlu mengikuti perkembangan teknologi dan informasi terkini mengenai bisnis online. Perusahaaan perlu selektif dalam merekrut tenaga kerja yang nantinya akan mengelola pemasaran digital sebab digital marketing memerlukan ketelitian dalam menganalisis tren yang ada di masyarakat agar nantinya perusahaan dapat membuat strategi pemasaran yang tepat dan sesuai dengan kondisi perusahaan serta pemasaran yang tepat kepada target konsumen

Downloads

Published

2023-08-01