ANALISIS PRODUKTIVITAS PENGGUNAAN TENAGA KERJA (Kasus Pada Petani Padi di Desa Muara Bakti, Kecamatan Babelan, Bekasi Utara)

Rini Setyowati dan Thomas Widodo

Abstract


Usahatani padi merupakan usaha yang dilakukan petani untuk memproduksi tanaman padi.  Produsi padi dapat dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain  luas petanaman, tingkat pengetahuan petani, tingkat pencurahan kerja, modal, penggunaan sarana produksi dan manajemennya. 

Tujuan dari pelitian ini adalah untuk  mengetahui tingkat produktivitas penggunaan tenaga kerja dalam berusahatani padi dan  mengetahui  seberapa besar faktor-faktor seperti jumlah anggota keluarga, tingkat umur, tingkat pendidikan dan pengalaman berusahatani dapat mempengaruhi  produktivitas penggunaan curahan kerja.

Penelitian dilaksanakan di Desa Muara bakti, Kecamatan Babelan, Bekasi Utara  pada bulan Agustus sampai dengan September 2001. Jumlah sampel ditentukan sebesar 5 % dari populasi petani  (929 Kepala Keluarga) yang mempunyai mata pencaharian pokok sebagai petani padi. Produktivitas tenaga kerja dihitung berdasarkan ratio antara  besarnya penerimaan dan  besarnya curahan kerja  petani, sedangkan  analisa regresi linier berganda  dipergunakan untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas penggunaan tenaga kera.

Hasil  penelitian menunjukkan bahwa curahan tenaga kerja pada usahatani  padi di Desa Muara Bakti digunakan terbanyak pada kegiatan pemanenan, yang diikuti oleh kegiatan penyiangan rumput/gulma dan penanaman bibit padi.  Meskipun demikian usahatani padi masih cukup menguntungkan yang didukung dengan  nilai R/C ratio sebesar 1,24 dan nilai produktivitas tenaga kerja sebesar  Rp 5.047,01 /HKP/tahun.  Hasil analisis juga menunjukkan bahwa variabel jumlah anggota keluarga menunjukkan variabel yang paling positip berpengaruh terhadap produktivitas penggunaan tenaga kerja pada usahatani padi dibandingkan dengan variabel umur, tingkat pendidikan dan pengalaman berusahatani, tetapi dengan asumsi faktor lain tetap. 

 

Kata kunci : Tenaga kerja, Padi, Produktivitas

Full Text:

PDF

References


Anonim, 2012. Potensi Desa Muara Bakti . Kecamatan Babelan. Bekasi Utara.

Hernanto, Fadholi, 2002. Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya. Jakarta.

Mubyarto, 2004. Pengantar Ekonomi Pertanian. LP3ES. Jakarta.

------------, 2005. Peluang Kerja dan Berusaha di Pedesaan. BPPG Jogyakarta.

Putra, R.C. 2012. Apa yang Dimaksud Produktivitas. Produktivitas dan Tenaga Kerja di Indonesia. SIUP. Jakarta.

Tjakrawiralaksana, 2003. Ilmu Usahatani. Jurusan Sosek Pertanian IPB Bogor.

Soeharjo, Ahmad dan Dahlan Patong, 2003. Sendi-sendi Pokok Ilmu Usahatani. Departemen Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian IPB Bogor.

Soekartawi, 2000 Prinsip-Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian. Teori dan Aplikasi. Rajawali Pers. Jakarta.

--------------, 2000 Ilmu Usahatani dan Penelitian Untuk Pengembangan Petani Kecil. UI. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.