MEMBANGUN DAYA SAING PRODUK AGRIBISNIS

Mesak Simanjuntak

Abstract


Setiap produk agribisnis yang diperdagangkan harus menggunakan standar internasional,
pasar kita dibanjiri oleh produk agribisnis yang masuk dari luar (impor), sedangkan produk
agribisnis kita masih sulit menembus pasar internasional (melakukan ekspor). . Dengan
besarnya Sumber Daya Alam serta Sumber Daya Manusia yang ada, kita masih memiliki
peluang dan potensi untuk mengembangkan dan meningkatkan DAYA SAING produk
agribisnis serta mimiliki keunggulan komparatif untuk membangun produk agribisnis.Pada
sektor agribisnis proses produksi memerlukan peralatan/mesin-mesin serta pengembangan
teknologi (IPTEK) dan inovasi, sektor agribisnis kita masih lemah didalam dimensi kedua
ini. Untuk membangun sektor agribisnis (pertanian) yang tangguh, kuat dan memiliki daya
saing, banyak sektor lain yang terkait yang harus di kembangkan juga, baik yang
berhubungan dengan dimensi manusia maupun dimensi teknik, antara lain sumber daya
manusia, skala usaha, teknologi, kelembagaan dan akses pasar

Kata Kunci : Daya Saing, Agribisnis


Full Text:

PDF

References


Hanafie R, 2010. Pengantar Ekonomi

Pertanian. Andhi Yogyakarta.

Porter, ME, 1994. Keunggulan Bersaing.

Binarupa Aksara, Jakarta.

Downey, WD. Erickson SP. 1989.

Manajemen Agribisnis, Erlangga,

Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.