ANALISIS LAPORAN KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PDAM DAERAH TINGKAT II KABUPATEN BOGOR

Ependi dan Suhikmat

Abstract


Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Dati II Kabupaten Bogor adalah perusahaan daerah yang bergerak dibidang jasa pelayanan air minum untuk kebutuhan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menilai kinerja keuangan PDAM Dati II Kab. Bogor digunakan Pedoman Penilaian dan Pemantauan Kinerja Keuangan Perusahaan Daerah Air Minum berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri No.690.900-327 tanggal 10 Mei 2005 dengan membandingkan sekelompok rasio keuangan seperti yang dikemukakan oleh James C. Van Home ( 1997: 155). Penilaian kinerja keuangan dan produktivitas PDAM Dati II Kabupaten Bogor dilakukan melalui analisa kinerja keuangan secara berkala, yang dikelompokkan menjadi : (1) Struktur Hutang : adalah gambaran kondisi keuangan PDAM yang dapat   menentukan   kemampuan   membayar   pinjaman   dengan memperhatikan Rasio Hutang terhadap Equity, Debt Coverage Ratio dan porsi pembayaran bunga terhadap pendapatan operasional (interest share of operating income).  (2) Efisiensi : adalah kemampuan PDAM didalam mengelola dan mengontrol seluruh pengeluaran dan pemasukan yang meliputi Pendapatan Operasional Air yang terjual, Perputaran Piutang/Tagihan, Pengeluaran Operasional Air Yang Didistribusikan, Working Ratio, Jumlah karyawan, kebocoran dan Current Ratio.  (3) Keuntungan : adalah kemampuan PDAM menghasilkan pendapatan dari operasional yang dapat dipergunakan untuk menutup biaya operasional dan pemeliharaan, investasi kembali serta pengembangan pengelolaan yang mencakup keuntungan, penjualan dan pengembalian Aktiva.

 

Kata Kunci : Laporan Keuangan, Produktivitas, PDAM Dati II

Full Text:

PDF

References


Reksoprayitno, Soedijono -2001 ;Analisis Laporan Keuangan, Analisa Rasio, Penerbit: Liberty. Yogyakarta.

Siagian, Sondang P. - 2005 ; Organisasi, Kepemimpinan dan Perilaku Administrasi,Penerbit PT.Gunung Agung, Jakarta

Van Home, James C.; Wachowicsz, John M. - 2005 ;Prinsip-Prinsip manajemen Keuangan ( Terjemahan ) edisi ke-9, Salemba Empat, Jakarta.

Walker, James W. -2002 ;Human Resource Strategy, McGraw Hill Int, New York, USA.

Weston, J.Fred; Besley, Scott; Brigham, E.F - 2006 ;Essentials of Managerial Finance, The Dryden Press, New York, USA.

Weston, J.Fred; Copeland, Thomas E. - 2005 ; Manajemen Keuangan (Terjemahan Managerial Finance) edisi ke-9, Binarupa Aksara, Jakarta

SKB Menteri Dalam Negeri, Menteri PU No. 3/84,No.26/KPTS/84.

SKB Menteri Dalam Negeri, Menteri PU No.4/1984, No.27/KPTS/1984.

Pemerintah Daerah Dati II Jawa Barat, Dinas PU Cipta Karya ; Kondisi dan

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan ; Laporan Akuntan atas LaporanKeuangan PDAM Dati II Kab. Bogor Tahun Buku 2010, 2011, 2012, 2013,2014dan 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.