RESPON PENAWARAN JAGUNG (Zea mays) DI KABUPATEN MALANG, JAWA TIMUR

Authors

  • Henita Fajar Oktavia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi respon areal jagung dan respon produktivitas jagung juga melihat bagaimana elastisitas penawaran jagung pada jangka pendek dan jangka panjang. Dari keempat variabel yang diteliti dan dilakukan pendugaan respon penawaran dengan pendekatan respon luas areal jagung yang signifikan hanya harga jagung 1 tahun sebelumnya dengan nilai 0,063. Dari kelima variabel yang diteliti dan dilakukan pendugaan respon penawaran dengan pendekatan respon produktivitas jagung, tidak ada satupun variabel yang signifikan. Nilai elastisitas untuk respon produktivitas tidak dihitung karena variabel harga jagung 1 tahun sebelumnya tidak signifikan terhadap produktivitas jagung. Maka, respon penawaran jagung di Kabupaten Malang hanya dilihat melalui nilai elastisitas luas areal. Hasil dari respon penawaran jagung pada jangka pendek lebih dari satu tetapi negatif, dapat diindikasikan telah terjadi perubahan harga yang berfluktuatif sehingga petani membuat keputusan mengenai peluang yang relatif kecil apabila akan melakukan penambahan areal jagung. Dilihat dari segi jangka panjang, dimana nilai elastisitas lebih dari 1 dengan nilai 2,72 seharusnya mengindikasikan harga jagung dapat membaik dengan adanya perbaikan dalam segi budidaya, bantuan dari pemerintah. Sehingga petani pada jangka panjang, dapat memutuskan untuk menanam jagung dalam kurun waktu yang lama dan keputusan tersebut dapat meningkatkan penawaran melalui peningkatan luas areal juga.Kata Kunci : Respon, Areal, Produktivitas, Penawaran, Jagung

References

Aldillah, Rizma. 2018. Dinamika Perubahan Harga Padi Jagung Kedelai Serta Implikasinya Terhadap Pendapatan Usahatani. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 36(1):23-44. DOI: http://dx.doi.org/10.21082/fae.v36n1.2018.23-44.

Al-Mudatsir, Muhammad Iqbal. 2009. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Respon Penawaran Kacang Kedelai Di Indonesia. Skripsi. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Anindita, Ratya. 2008. Pendekatan Ekonomi Untuk Analisis Harga. Prenada media Group. Jakarta.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Malang. 2018. Kabupaten Malang Dalam Angka. 2018. Badan Pusat Statistik Kabupaten Malang. Malang.

Mahmudah, Rinawati. 2014. Analisis Respon Penawaran Kacang Hijau (Phiseolus radiatus) Di Indonesia. Skripsi. Universitas Brawijaya. Malang.

Oktavia, Henita Fajar. 2014. Respon Penawaran Tebu (Sacharum officinarum, Linn) Di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Skripsi. Universitas Brawijaya. Malang.

Purwasih, Rati.; Firdaus, Muhammad.; Hartoyo, Sri. 2017. Transmisi Harga Jagung Di Provinsi Lampung. Jurnal Agribisnis Indonesia, 5(1): 75-88.

Putri, Hervika Purnomo. 2011. Respon Penawaran Jagung Di Kabupaten Klaten. Skripsi. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Setiyanto, Adi, dkk. 2014. Makalah Proposal Operasional Penelitian TA. 2014. Outlook Pertanian 2015-2019. Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian. Badan Penelitian Dan Pengembangan Pertanian. Bogor.

Suryani, Erma.; Hartoyo, Sri.; Sinaga, Bonar M.; Sumaryanto. 2015. Pendugaan Elastisitas Penawaran Output Dan Permintaan Input Pada Usaha Tani Padi Dan Jagung: Pendekatan Multiinput – Multioutput. Jurnal Agro Ekonomi, 33(2): 91-106.

Siregar, Grace Sintari. 2009. Analisis Respon Penawaran Komoditas Jagung Dalam Rangka Mencapai Swasembada Jagung Di Indonesia. Skripsi. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Downloads

Published

2020-02-18

Issue

Section

Articles