ANALISIS SOSIO-DEMOGRAFIS DAN PENDAPATAN PETANI DALAM PENGEMBANGAN BIBIT HIJAUAN PAKAN TERNAK RUMINANSIA

Authors

  • Chifayah Astuti
  • Maspur Makhmudi
  • Vivi Lusia

Abstract

Sumber bibit tanaman hijauan pakan ternak (HPT) ruminansia seperti rumput odot sangat terbatas disebabkan struktur umur petani dominan sudah tua di atas 45 tahun, minat Pemuda Tani bekerja di bidang pertanian masih rendah, dan mengusahakan pertanian dengan lahan sempit. Secara ekonomis usaha HPT menguntungkan bagi peternak terutama jika menggunakan jenis dan varietas unggul yang memiliki potensi produksi dan kualitas tinggi. Tujuan penelitian adalah: (1) Mengetahui profil sosio-demografis petani responden dalam usahatani pengembangan sumber bibit  tanaman hijauan pakan ternak (HPT)  ruminansia; (2) Mengetahui keuntungan bersih dan kelayakan usaha pengembangan sumber  bibit  tanaman hijauan pakan ternak (HPT) ruminansia. Lokasi penelitian diwilayah Kabupaten Subang, Jawa Barat dan terpilih Kecamatan Cipunagara di dua desa ( Desa Padamulya, dan Desa Wanasari), dan Kecamatan Pegaden Barat di Desa Bendungan. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Juli  - September  2017. Penetapan sampel berjumlah 35 orang  dengan teknik “Purposive”. Analisis data dengan “statistik deskriptif”(descriptive statistics). Hasil penelitian , yaitu: (1)   Sebagian besar responden usia  produktif (  15 – 60 tahun ) diantaranya yang dominan adalah non-Pemuda Tani usia >30 tahun ( 91% ) dihawatirkan dapat mengancam keberlanjutan pembangunan pertaniankhususnya  sub sektor peternakan; (2) Pendapatan usaha  HPT rumput odot memadahi dan layak untuk diperluas serta  dilanjutkan.Kata Kunci: Sosio Demografis, Pendapatan Petani, Bibit Hijauan Pakan Ternak.

References

Baharsjah,Sj. Kasryono,F. Pasandaran,E.2014. Reposisi Politik Pertanian Meretas Arah Baru Pembangunan Pertanian. Yayasan (DITJEN. PKH, 2015

BPS.2013. Perkembangan Beberapa Indikator Sosial Ekonomi Indonesia 2008-2013. BPS, Jakarta.

DITJEN.PKH . 2015.Pedoman Pelaksanaan Pengembangan Sumber Bibit HPT Di Kelompok.

Kartasapoetra,G.Kartasapoetra,R.G. Kartasapoetra, A.G.1986.Marketing produk pertanian dan industri.Bina Aksara Jakarta.

Kuncoro,M. 2010. Masalah, Kebijakan, dan Politik Ekonomika Pembangunan. Penerbit Erlangga, Ciracas, Jakarta.

Parkinson,C.N. Rustomji,M.K. Viera, WE. 1988. Pemasaran Untuk Semua Orang. PT.Galaxy Puspa Mega.

Prasetyo,A. 2004. Model Usaha Rumput Gajah Sebagai Pakan Sapi Perah Di Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Lokakarya Nasional Tanaman Pakan Ternak. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Tengah.

Rahardja,P. Manurung, M. 2002. Pengantar Ilmu Ekonomi. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia.

Reijntjes,C. Haverkort,W. Bayer, AW.1992. Pertanian Masa Depan.Kanisius, Yogyakarta.

Singh, YK.2006. Fundamental of Research Methodology and Statistics. New Delhi: New Age International(P) Ltd.

Soekartawi.2002. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian,Teori Dan Aplikasi. PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta..

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta Bandung.

Sugiyono. 2013. Statistika untuk Penelitian. Alfabeta Bandung.

Triguna, Y.IBG. 2006. Revitalisasi Pertanian Dan Dialog Peradaban. Buku Kompas.

Downloads

Published

2020-11-21

Issue

Section

Articles