Analisis Penetapan Harga Dan Pengaruhnya Terhadap Volume Penjualan Pada Bir Pletok (Studi Kasus pada UKM Bir Pletok Bang Isra, Jakarta)

Authors

  • Sri Hartini
  • Sumihar L. Tobing
  • Imas Wildan Rafiqah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel harga bir pletok botol ukuran 250 ml, variabel harga bir pletok botol ukuran 600 ml, dan variabel biaya produksi bir pletok terhadap variabel volume penjualan bir pletok. Penelitian ini dilakukan pada UKM Bir Pletok Bang Isra, Jakarta. Data yang diperoleh merupakan data sekunder yang berupa data harga, biaya produksi dan volume penjualan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada variabel harga bir pletok botol ukuran 250 ml dan variabel harga bir pletok botol ukuran 600 ml, tidak signifikan terhadap variabel volume penjualan bir pletok dengan nilai signifikansi 0.860 dan 0.865. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa variabel biaya produksi berpengaruh signifikan terhadap variabel volume penjualan bir pletok dengan memiliki nilai signifikansi 0.000. Variabel harga bir pletok baik botol ukuran 250 ml maupun 600 ml dan variabel biaya produksi secara simultan mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel volume penjualan Bir Pletok Bang Isra. Pada koefisien determinasi, terdapat pengaruh sebesar 95.5% dari variabel harga dan variabel biaya produksi terhadap variabel volume penjualan. Kata Kunci: Volume Penjualan, Bir Pletok, Harga, dan Biaya Produksi

References

Agustina, Riska & Ahmar, Nurmala. 2014. Real Earnings Management dengan Pendekatan Biaya Produksi Analsis Berdasarkan Sektor Industri pada Perusahaan Manufaktur. Jurnal Ilmiah Akuntasi dan Humanika JINAH. STIE Perbanas Surabaya Volume 3. Nomer 2. Halaman 1179.

Antyadika, Bonaventura Efrian. 2012. Analisis Pengaruh Lokasi, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Wong Art Bakery & Café Semarang). Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Ariyanti, Nur. 2016. Dampak Non Tariff (NTMs) Terhadap Ekspor Rempah-Rempah Indonesia ke Negara Tujuan Ekspor. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Carter, William K. 2009. Akuntasi Biaya. Edisi ke-14. Salemba Empat. Jakarta.

Dalimartha, Setiawan. 2008. 1001 Resep Herbal. Penebar Swadaya. Depok.

Ferdinand T., Augusty. 2000. Manajemen Pemasaran: Sebuah Pendekatan Strategik. Research Paper Series. Program MM UNDIP. Semarang

Jannah, Mukhlishotul. 2018. Analisis Pengaruh Biaya Produksi dan Tingkat Penjualan Terhadap Laba Kotor. UIN Sultan Maulana Hasanuddin. Banten.

Kristianto, Adrianus Widya. 2013. Pengaruh Harga Terhadap Volume Penjualan Mie Instan Goreng pada Minimarket Indomaret Manisrejo di Kota Madiun. Jurnal. Volume 1. Nomer 2. Halaman 167.

Kuncoro, Mudrajat. 2007. Metode Kuantitatif, Teori dan Aplikasi untuk Bisnis. UPP STIM YKPN. Yogyakarta.

Nugroho, Eryanto Prastyo. 2011. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Konsumen Pengguna Notebook Ecer (Studi Kasus Mahasiswa UNNES Fakultas Ekonomi). Skripsi. Semarang.

Oktaryansah. 2016. Pengaruh Penetapan Harga Terhadap Volume Penjualan Besi Pada PT. Inti Logam Palembang. Jurnal Media Wahana Ekonomika. Volume 13. Nomer 2. Halaman : 68-82.

Pathak, Yashwant. 2011. Handbook of Nutraceuticals Scale-Up, Processing and Automation. CRC Press. Boca Raton (US).

Prihesti, Aprilia. 2019. Pengaruh biaya produksi dan biaya pemasaran terhadap volume penjualan. Tugas Akuntasi. Fakultas Ekonomi. Universitas Islam Sultan Agung. Semarang.

Putra, Yonnade Arga. 2014. Analisis Pengaruh Biaya Produksi dan Penjualan Terhadap Laba Perusahaan (Studi pada UMK dan UMKM). Artikel Publikasi Ilmiah. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.

Rohmiati. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Strategi, Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Home Industri Produk Kecap Rahayu di Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar. Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negri. Tulung Agung.

Sulistiawan, Dedhy., Januarsi, Yeni & Alvia, Liza. 2011. Creative Accounting: Mengungkap Manajemen Laba dan Skandal Akuntansi. Salemba Empat. Jakarta.

Swastha, Basu. 2010. Manajemen Penjualan: Pelaksanaan Penjualan, BPFE. Yogyakarta.

Syarif, Gufron. 2018. Minuman Kekinian. Berita Ekonomi Bisnis. Dapat diakses di https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5219789/mengintip-rahasia-cuan-dagang-minuman-kekinian-ala-haus.

Tjiptono, Fendy. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi Ke-4. CV Andi Offset. Yogyakarta.

Downloads

Published

2020-11-21

Issue

Section

Articles