JURNAL ANALISIS PERSEPSI PENGUNJUNG PADA TAMAN WISATA LEBAH PT. MADU PRAMUKA

Authors

  • Muhammad Hendi Faisal
  • Henita Fajar Oktavia
  • Tungga Buana Diana

Abstract

         Taman Wisata Lebah PT. Madu Pramuka menjadi tempat wisata edukasi di DKI Jakarta, setiap tahunnya terjadi kenaikan jumlah pengunjung. Keadaan tersebut menunjukkan tingginya antusias masyarakat yang ingin berwisata dan mendapatkan pengetahuan baru dalam satu tempat wisata di kota besar seperti Jakarta. Namun diketahui pada tahun 2020 mengalami penurunan jumlah pengunjung yang signifikan, dikarenakan pada tahun 2020 terjadi pandemi Covid-19.         Adapun sektor pariwisata merupakan salah satu yang terdampak sangat besar dari virus Covid-19. Pariwisata yang pada awalnya kian mengalami pertumbuhan yang begitu pesat, seakan melemah dan mengalami penurunan yang drastis. Kondisi yang terjadi dalam sektor pariwisata, akan bisa ditanggulangi jika menemuka solusi yang sesuai untuk penanganan virus Covid-19.         Kualitas daya tarik wisata dinilai dari Daya Tarik (Attraction), Aksesibilitas (Accesibility), Fasilitas (amenities), dan Jasa Pendukung Pariwisata (Ancilliary). Menurut Zebua (2016) pengembangan pariwisata hendaknya sesuai dengan apa yang diinginkan oleh konsumen.          Daya tarik wisata selain kualitas, hal yang perlu diperhatikan adalah produk wisata. Menurut Kotler dan Amstrong (2008), produk wisata adalah semua yang dapat ditawarkan kepada pasar agar dapat menarik perhatian, akuisisi, penggunaan atau konsumsi yang dapat memuaskan suatu keinginan atau kebutuhan.         Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan observasi. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja dengan teknik penarikan sampel adalah purposive sampling, dan untuk penyusunan skala menggunakan skala likert. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan alat analisis yaitu Microsoft Excel dan SPSS (untuk uji reliabilitas dan uji validitas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi pengunjung terhadap daya tarik Taman Wisata Lebah PT. Madu Pramuka dengan menggunakan konsep pariwisata 4A dinilai baik. Kata kunci: Taman Wisata Lebah, Konsep Wisata 4A, Persepsi Pengunjung

Downloads

Published

2022-01-17

Issue

Section

Articles