PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PELATIHAN DAN PENGETAHUAN AKUNTANSI TERHADAP PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH

Authors

  • Idik Sodikin Universitas Borobudur
  • Elsya Meida Arif Universitas Borobudur
  • Arini Nurul Maulida Universitas Borobudur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Tingkat Pendidikan Akuntansi, Pelatihan Akuntansi dan Pengetahuan Akuntansi terhadap penggunaan Sistem Informasi Akuntansi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah, apakah memiliki pengaruh secara simultan dan parsial. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, yaitu dengan memberikan kuesioner terhadap responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji validitas, uji reabilitas. Penelitian ini juga mneggunakan asusmsi klasik yaitu normalitas, multikolinieritas dan multikolinieritas. Dengan mempertimbangkan hipotesis menggunakan uji f, uji t dan uji r square serta analisis path. Alat yang digunakan dalam pengujian ini yaitu SPSS 25.0 Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Tingkat Pendidikan Akuntansi, Pelatihan Akuntansi dan Pengetahuan Akuntansi berpengaruh signifikan terhadap penggunaan Sistem Informasi Akuntansi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah. 2) Tingkat Pendidikan Akuntansi berpengaruh signifikan terhadap penggunaan Sistem Informasi Akuntansi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah. 3) Pelatihan Akuntansi berpengaruh signifikan terhadap penggunaan Sistem Informasi Akuntansi pada Usaha Mikro Kecil Menengah. 4) Pengetahuan Akuntansi berpengaruh signifikan terhadap penggunaan Sistem Informasi Akuntansi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah.   Kata Kunci : Tingkat Pendidikan Akuntansi, Pelatihan Akuntansi, Pengetahuan Akuntansi, Sistem Informasi Akuntansi. Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

Published

2023-12-07

Issue

Section

Articles