Pengaruh Penggunaan Aplikasi Dompet Digital terhadap Perilaku Konsumtif

Authors

  • Devy Ayu Paramitha Febrianty Universitas Borobudur
  • Yolanda Universitas Borobudur
  • Sugianto Saleh Universitas Borobudur

DOI:

https://doi.org/10.37721/jmb.v1i2.1289

Keywords:

penggunaan aplikasi, teknologi finansial, dompet digital

Abstract

Kemudahan yang terdapat pada aplikasi dompet digital dapat mempengaruhi perilaku konsumtif. Penelitianini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan aplikasi dompet digital terhadap perilaku konsumtif. Peneliti menggunakan Teori Model Penerimaan Teknologi (TAM), Teori TAM adalah model analisis yang digunakan untuk menentukan perilaku pengguna untuk penerimaan teknologi baru. Kerangka teori dalampenelitian ini adalah manajemen, komunikasi, media baru, financial technology, penggunaan aplikasi, dompet digital, perilaku konsumen, perilaku konsumtif. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian explanatory. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah metode survey dengan menyebarkan kuesioner penelitian kepada para followers akun Instagram @dana.id yang berjumlah 100 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi dompet digital terhadap perilaku konsumtif dibuktikan dengan hasil koefisien korelasi sebesar 0,513 yang menunjukkan korelasi cukup baik. Uji koefisien determinasi sebesar 26,3%. Hasil uji hipoteis juga membuktikan bahwa t hitung lebih besar darit tabel yaitu 5,912 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan aplikasi dompet digital terhadap perilaku konsumtif sebesar 26,3% dengan mayoritas responden adalah mahasiswi dengan rentang usia 18-23 tahun.

Downloads

Published

2023-10-31