PENGARUH KUALITAS PRODUK TABUNGAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA SERTA DAMPAKNYA PADA LOYALITAS ANGGOTA DEPOSITO PRIMA KOPERASI PRIMER BHAKTI PERTIWI ABADI CIPAYUNG – JAKARTA TIMUR

Authors

  • Yolanda Universitas Borobudur
  • Meirinaldi Universitas Borobudur
  • Sugio Universitas Borobudur

Abstract

Kepuasan pelanggan atau anggota menjadi prioritas utama pada penelitian ini karena di era kemajuan sekarang ini persaingan dalam perusahaan jasa keuangan di Indonesia semakin meluas dengan berbagai kelebihan masing – masing. Diharapkan dengan tercapainy kepuasan anggota, maka akan merangsang anggota untuk memiliki loyalitas yang tinggi kepada koperasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan dari kuesioner yang telah dibagikan dan diisi oleh pelanggan atau anggota deposito prima Koperasi Primer Bhakti Pertiwi Abadi. Metode pengolahan data dengan menggunakan metode analisis jalur (Path Analysis) dengan bantuan alat analisis SPSS Versi 22.0. Berbagai metode analisis telah dilakukan oleh Penulis dan Hasil penelitian menunjukkan. Secara parsial menunjukkan bahwa terdapat berpengaruh positif dan signifikan variabel kualitas produk terhadap terhadap kepuasan anggota Koperasi Primer Bhakti Pertiwi Abadi, selanjutnya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan atau anggota. Secara simultan menunjukan bahwa variabel kualitas produk dankualitas pelayananberpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan atau anggota Koperasi Primer Bhakti Pertiwi Abadi. Secara tidak langsung kualitas produk tabungan maupun kualitas melalui kualitas pelayanan berpengaruh postif terhadap loyalitas anggota deposito prima Koperasi Primer Bhakti Pertiwi Abadi.   Kata kunci : Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas pelayanan, Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan

Downloads

Published

2023-12-07

Issue

Section

Articles