PERANAN PROMOSI DALAM USAHA MENINGKATKAN HASIL PENJUALAN PADA SEPULUH PERUSAHAAN MINUMAN YANG MENGANDUNG MALT DI INDONESIA

Authors

  • Meslo Pardede

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peranan Promosi dalam Usaha Meningkatkan Hasil Penjualan pada Sepuluh Perusahaan Minuman yang Mengandung Malt di Indonesia” Malt adalah gandum atau beras yang di rendam air sampai berkecambah dan di keringkan sehingga menimbulkan sejenis alkohol dengan kadar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pernanan promosi minuman yang mengandung malt dapat mempengaruhi hasil penjualan; dan untuk mengetahui seberapa besar prosentase perubaham biaya promosi terhadap persentase perubahan keuntungan. Pembatasan ruang lingkup studi penulisan penelitian ini adalah biaya promosi minuman yang mengandung malt di sepuluh perusahaan di Indonesia yaitu PT. Multi Bintang Indonesia, PT. Delta Djakarta, PT. Agung, PT. Agung Mas Santosa Raya, PT. Hawai, PT. Kunci Lima, PT. Matahari, PT. Minasih, PT. San Miguel Brewery Indonesia, dan PT. Tirta Agung. Data yang di teliti meliputi biaya promosi tahun 1985 sampai dengan tahun 1994, biaya tenaga kerja tahun 1985 sampai dengan 1994, biaya produksi 1985 sampai dengan 1994, biaya bahan baku 1985 sampai dengan 1994, biaya lain-lain tahun 1985 sampai dengan 1994, hasil penjualan tahun 1985 sampai dengan tahun 1994, perkiraan jumlah penduduk Indonesia yang berusia 1569 tahun dari tahun 1985 sampai dengan 1995, serta Produk Domestik Bruto tahun 1985 sampai dengan 1994. Hasil penelitian ini bahwa semakin tinggi biaya promosi dapat di naikkan maka semakin tinggi pula hasil penjualan yang di peroleh, ceteris paribus. Semakin tinggi prosentase kenaikkan biaya promosi maka semakin tinggi pula presentase kenaikkan keuntungan perusahaan, ceteris paribus. Dan semakin tinggi pendapatan masyarakat maka semakin tinggi pula hasil penjualan minuman yang mengandung malt, ceteris paribus.

References

Alan C. Shapiro, Foundation of Multinational Financial Management, Second Edition, Prentice Hall, Englewood Cliffs, 1993.

Alexander A. Robichek, et. al., Management of Financial Institutions – Notes and Cases, Second Edition, Dryden Press, Hinsdale, Illionis, 1976.

Arthur A. Thompson, Jr. et.al., Economics of the Firm – Theory and Practice, Prentice-Hall International, Inc., Canada, 1993.

Biro Pusat Statistik, Buletin Ringkas, Jakarta. 1985-1994.

Biro Pusat Statistik, Penduduk Indonesia 1995, Jakarta, 1996.

Biro Pusat Statistik, Produk Domestik Regional Bruto, Jakarta, 1985-1994.

Biro Pusat Statistik, Proyeksi Penduduk 1985 – 1995, Jakarta, 1995.

Charles O. Kroneke, et.al., Managerial Finance : Essentials, West Publishing Company, Boston, 1976.

Don T. Decoster, et. al., Management Accounting – A Decision Emphasis, John Wiley & Sons, Inc., Santa Barbara, 1976.

Douglas W. Copeland, Economics – Study Guide, Houghton Mifflin, Boston, 1986.

Dumairy, Matematika Terapan untuk Bisnis dan Ekonomi, BPFE, Yogyakarta, 1989.

Gregory G. Dess, et. al., Strategic Management, McGraw, Inc., New York, 1993.

Haim Levy, et. al., Capital Investment and Financial Decisions, Fourth Edition, Pretice Hall, New York, 1989.

James L. Gibson, et. al., Organisasi dan Manajemen, edisi keempat, Erlangga, Jakarta, 1993.

Johannes, H. Prof., et. al., Pengantar Matematika untuk Ekonomi, LP3S, Jakarta, 1986.

John W. Onge, et. al., Concepts for Corporate Strategy Readings in Business Policy, Macmillan, New York, 1972.

Jong S. Jun, et. al., Tomorrow’s Organizations : Challanges and Strategis, scott, foresman and Company, Glenview, Illinois, 1973.

Lincolin Arsyad, M.Sc, Ekonomi Manajerial, Ekonomi Mikro Terapan untuk Manajemen Bisnis, Edisi 3, BPFE, Yogyakarta, 1993.

Maurice Levi, International finance – Financial Management and the International Economy, McGraw-Hill, Inc., New York, 1983.

Michael P. Todaro, Economic Development in the Third World, third edition, Longman Inc., New York, 1987.

Peter F. Drucker, Management-tasks Responsibilities Practises, Heinemann, London, 1974.

Philip Kotler, Manajemen Pemasaran - Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, Jilid 1, Erlangga, Jakarta, 1994.

Philip Kotler, Management Pemasaran – Analisis, Perenccanaan, Implementasi dan Pengendalian, Jilid 2, Erlangga, Jakarta, 1994.

Ray H. Garrison, Managerial Accounting – Concepts for Planning Control, Decision Making, Fifth Edition, Business Publications, Inc., Texas, 1998.

Richard A. Brealey, et. al., Principles of Corporate Finance, Fourth Edition, McGraw-Hill, New York, 1991.

Richard M. Modgetts, et. al., International Management, Second Edition, McGraw-Hill, Inc., New York, 1994.

Robert D. Auerbach, Money, Banking, and Financial Markets. Third Edition, Macmillan Inc., New York, 1989.

Roberts S. Schroeder, Manajemen Operasi-Pengembalian Keputusan dalam Suatu Fungsi Operasi, Edisi Ketiga, Erlangga, 1993.

Siswanto, Management Science, Elex Media Komputindo, Jakarta, 1990.

Sritua Arief, Metodologi Penelitian Ekonomi, UI-Press, Jakarta, 1993.

Walter Nicholson, Micro Economix Theory, Second Edition, Illinois, 1985.

William B. Werther, Jr., et. al., Human Resources and Personal Management, Ffith Edition, McGraw-Hill, Inc., New York, 1996.

William J. Baumol, et. Al., Macro Economics – Principles and Policy, Edisi 5, HBJ Inc., New York, 1991.

William J. Stevenson, Production/operations Management, Third Edition, Irwin Inc., Boston, 1990.

Downloads

Issue

Section

Articles