ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP DEVIDEND PAY OUT RATIO SAHAM LQ45

Authors

  • Wahyu Murti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor faktor yang berpengaruh terhadap Devidend Payout Ratio saham LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Salah satu syarat untuk melakukan uji analisis regresi linear berganda adalah melakukan uji asumsi klasik. Hal ini di perlukan agar persamaan regresi yang di hasilkan bersifat BLUE (Best Linear Unbiased Estimator). Selain itu untuk menilai goodness offit suatu model dilakukan uji koefisien determinasi, uji F, dan uji t. Penelitia.n ini menggu.nakan data tahunan dari tahun 2011 sampai tahun 2014 untuk setiap variabel penelitian.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variable Cash Posisition (CP)dan Firm Sixe( FS) secara bersama-sama/simultan berpengaruh signifikan terhadap Devidend Payout Ratio (DPR), dengan nilai Adjusted R.2 sebesar 0.82866. ini berarti 82,86 % Devident Payout dapat dipengaruhi oleh kedua variabel kedua independen tersebut. Sedangkan sisanya 17.14°/0 dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian. Secara parsial menunjukkan bahwa Cash Posisition (CP) berpengaruh signifikan dan positif terhadap Devidend Payout Ratio (DPR), dengan sig 0.0000. Firm Sixe (FS) berpengaruh signifikan dan positif terhadap Devidend Payout Ratio (DPR ), dengan sig 0.0000. Kata kunci : Cash Posisition (CP), Firm Sixe (FS) ,Devidend Payout Ratio (DPR).

References

Fahmi, Irham, 2012, Pengertian pasar modal, Bandung, Alfabeta.

Gitman, Lawrence J, 2006, Principle of managerial ,finance, Wesley Publishing company.

Gitosudarmo,Indrriyo.2001"Manajemen Keuangan" Yogyakarta : BPFE http://www.google.co.id http://wwvv.idx.co.id

Prihatoro,2003."Faktor-faktor yang mempengaruhi Devident Payout Ratio (DPR) Pada Perusahaaan Publik Yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta (BEJ).Jurnal Ekonomi dan Bisnis No.l,Jilid 8.

Sartono, Agus. 2008. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi, Yogyakarta, BPFE.

Suad, Husnan dan Eny Pudjiastuty, 2006, Dasar-dasar manajemen keuangan. Edisi 5, Yogyakarta, UPP STIM YKPN.

Sudarsi, Sri “ Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruji Devident Payout Ratio Pada Industri Perbankan Yang Listed di Bursa Efek Jakarta (BEJ)”, Jurnal Bisnis dan Ekonomi, Vol 9 No 1, Maret, 2012

Winarno, Wning Wahyu, 2012, Analisis Ekonomertrika dan Statistika dengan Eviews. Edisi 3 Yogyakarta,UPP STIM YKPN.

Downloads

Issue

Section

Articles