Pengaruh Pembinaan Pegawai Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Suku Dinas Pekerjaan Umum Kota Administrasi Jakarta Utara”.

Authors

  • Agustina Massora

Abstract

“Pengaruh Pembinaan Pegawai terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Suku Dinas Pekerjaan Umum Kota Administrasi Jakarta Utara”.Untuk mendapatkan sumber daya manusia (pegawai) yang memiliki kemampuan yang baik, serta berkompetensi di bidangnya, Kantor Suku Dinas Pekerjaan Umum Kota Administrasi Jakarta Utara melaksanakan pembinaan melalui pendidikan dan pelatihan yang mengarah kepada upaya peningkatan : 1) Sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada kepentingan masyarakat, bangsa, negara dan tanah air; 2) Kompetensi teknis, manajerial dan atau kepemimpinannya;  3) Efisiensi, efektif dan kualitas pelaksanaan tugas yang dilakukan dengan semangat kerja sama dan tanggung jawab sesuai dengan lingkungan kerja dan organisasinya; dan 4) Kualitas kemampuan baik dalam bidang substansi maupun kepemimpinan dan koordinasi untuk melaksanakan tugas-tugas umum.Perumusan masalah : a) Apakah terdapat pengaruh pembinaan pegawai terhadap kinerja pegawai pada Kantor Suku Dinas Pekerjaan Umum Kota Administrasi Jakarta Utara ? b) Apakah terdapat kontribusi pembinaan pegawai terhadap kinerja pegawai pada Kantor Suku Dinas Pekerjaan Umum Kota Administrasi Jakarta Utara ?Kesimpulan : 1) Perusahaan sebagai suatu organisasi mempunyai tujuan yakni memperoleh keuntungan. Organisasi perusahaan hidup karena aktivitas yang dilakukan oleh para pegawainya. Sesuai dengan unit kerja yang terdapat dalam unit dinilai kinerjanya, agar kinerja sumber daya manusia yang terdapat dalam unit dapat dinilai secara objektif. Untuk itu seorang manajer perlu mempunyai ukuran kinerja para karyawan, jangan sampai menunggu timbulnya suatu masalah. Keberhasilan organisasi tergantung pada kinerja para pelaku organisasi bersangkutan. Oleh karena itu, setiap unit kerja dalam suatu organisasi harus dinilai kinerjanya, agar kinerja sumber daya manusia yang terdapat dalam unit – unit dalam suatu organisasi tersebut dapat dinilai secara obyektif. 2) Di dalam pembinaan ini para peserta latihan memperoleh pengetahuan dan teknik-teknik kerja yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatan pekerjaan organisasi. Di dalam pembinaan ini para peserta akan mengikuti praktek administrasi, diskusi-diskusi, membuat rencana-rencana kerja dan membuat laporan-laporan periodik. Pembinaan ini ditujukan untuk membantu para kepala atau pimpinan dalam menggerakkan, memimpin, membimbing cara-cara kerja bawahan. Dalam pembinaan ini para peserta mendapat tugas untuk menjadi seorang instruktur yang melatih kerja para bawahan dan dalam latihan ini pula para peserta latihan diawasi dan dinilai. Di dalam pembinaan pimpinan ini diberikan pengetahuan dan tugas-tugas mengenai kepegawaian umum (general management) disamping itu juga diberikan pelajaran mengenai kepemimpinan. Administrasi kepala sekolah dan hubungan manusiawi. Dalam hubungan manusiawi sangatlah penting bagi kepala sekolah khususnya untuk seorang pimpinan dalam rangka melaksanakan fungsi-fungsi manajerialnya.

References

Azhari, Azril, 2002, Bentuk dan Gaya Penulisan Karya Ilmiah, Cetakan Pertama, Jakarta : PT. Remaja Rosdakarya.

Bambang Wahyudi, 2001, Manajemen Sumber Daya Manusia, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Dessler, Gary, 2001, Manajemen Sumber Daya Manusia (terjemahan Agus Dharma), Penerbit Erlangga.

Handoko T. Hani, 2001, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Yogyakarta : BPFE.

Hasibuan, Malayu S.P., 2001, Manajemen Sumber Daya Manusia, Dasar dan Kunci Keberhasilan, Penerbit CV. Haji Masagung, Jakarta.

Moekijat, 2002, Dasar-dasar Administrasi dan Manajemen Perusahaan, Bandung : CV. Mandar Maju.

Moh. Agus Tulus, 2005, Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit Rineka Cipta.

Nitisemito, Alex, 2002, Manajemen Personalia, Jakarta : Ghalia Indonesia.

Prabu. Anwar. Mangkunegara, 2004, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Silalahi, Bennett, 2005, Manajemen Integratif, Edisi IV, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen LPMI, Jakarta.

Soekidjo Notoatmojo, 2003, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta : Rineka Cipta.

Suyadi Prawirosentono, 2009, Kebijakan Kinerja Karyawan Kiat Membangun Organisasi Menjelang Perdagangan Bebas Dunia.

Wahjosumidjo, 2004, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi, Mc Graw Hill Book Company.

Yoder, Dale, 2009, Personal Management And Industrial Relation Sixth Edition Prentise, Hall Inc, Englewood, clifft, New Jersey.

ABSTRAK

Downloads

Issue

Section

Articles