PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM MEREK AQUA SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP CITRA MEREK DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS BOROBUDUR

Authors

  • Yolanda Yolanda
  • Darmanitya Harseno Wijanarko

Abstract

This study aims to examine and analyze the influence of promotion and product quality on purchasing decisions Aqua brand water and its implications on brand image. The data used in this study are primary data taken from the responses of questionnaires by students of the University of Borobudur faculty of economics management study program. The method of data processing using path analysis with the aid of SPSS version 23. The ststistic test in this research use fitness test model (goodness of fit test).The result of the research shows that promotion has positive and significant effect directly or indirectly through brand image to purchasing decision, product quality have positive and significant influence directly or indirectly through brand image to purchasing decision and brand image have positive effect directly to purchasing decision . Keywords: Promotion, product quality, brand image, purchase decision.

References

Ahyari (2010),Dasar-Dasar Manajemen, edisi I jilid dua, Penerbit BPFE UGM, Yogyakarta.

Alma, Buchari (2007),Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, CV. Alfabet, Bandung.

Arikunto, Suharsimi (2010),Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta.

Assauri, Sofjan (2013), Manajemen Pemasaran : Dasar, Konsep dan Strategi, Rajawali Press, Jakarta.

Bastian, Danny Alexander (2014),Analisa Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) ADES PT. Ades Alfindo Putra Setia, Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 2, No. 1, (2014) 1-9, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Evelina, Nela. Handoyo D.W. dan Sari Listyorini, (2012), Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana TelkomFlexi (Studi Kasus pada Konsumen TelkomFlexi di Kecamatan Kota Kudus Kabupaten Kudus),Diponegoro Journal of Social and Politic, hal. 1-11 tahun 2012 (http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/), Universitas Diponegoro, Semarang.

Fristiana, Dessy Amelia(2012),Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan pembelian pada Ramai Swalayan Peterongan Semarang,Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Dipenogoro Vol. 1, No. 1 Tahun 2012, Universitas Diponegoro, Semarang.

Ghozali, Imam (2011),Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19, edisi kelima, Universitas Diponegoro, Semarang.

Ginting, Nembah F. Hartimbul(2011),Manajemen Pemasaran, CV. Yrama Widya, Bandung.

Hariadi, Doni dan Soebari Martoatmodjo(2012),Pengaruh Produk, Harga, Promosi dan Distribusi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Produk Projector Microvision, Jurnal Ilmu Riset & Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia(STIESIA) Vol. 1, No. 8 tahun 2012, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Surabaya.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong (2007),Dasar – Dasar Pemasaran, edisi Bahasa Indonesia, Penerbit PT. Prenhallindo, Jakarta.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong(2008),Prinsip-Prinsip Pemasaran, edisi 12, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller(2007),Manajemen Pemasaran, edisi 13 jilid 1, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller(2009),Manajemen Pemasaran, edisi 13 jilid 1, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Laksana,Fajar(2008),Manajemen Pemasaran : Pendekatan Praktis, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Musay, Fransisca Paramitasari (2013), Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada konsumen KFC Kawi Malang), Jurnal Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya Vol. 3, No. 2 Tahun 2013, Universitas Brawijaya, Malang.

Prawira, Bayu dan Ni Nyoman Kerti Yasa (2014), Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Produk Smartphone Samsung di Kota Denpasar, E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, Vol. 3, No. 12 Tahun 2014, Universitas Udayana, Badung.

Rachmawati, Rina (2011),Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian terhadap Bisnis Restoran),Jurnal Kompetensi Teknik Vol. 2, No. 2, Mei 2011 hal. 143, Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Riduwan dan Engkos Achmad Kuncoro (2012),Cara Menggunakan dan Memaknai Path Analysis, Alfabeta, Bandung.

Sugiyono(2007), Metodologi Penelitian Bisnis, PT. Gramedia, Jakarta

Sugiyono (2010),Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Suharno dan Yudi Sutarso (2009),Marketing in Practice, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Sundalangi, Marchelyno. S.L. Mandey dan R.J. Jorie (2014), Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, dan Potongan Harga terhadap Minat Beli Konsumen pada Pizza Hut Manado, Jurnal EMBAVol. 2 No. 1 Maret 2014, Universitas Sam ratulangi, Manado.

Tjiptono, Fandy(2008),Strategi Pemasaran, edisi 3, ANDI, Yogyakarta.

Wardani, Dharu Kusuma.Patricia Diana Paramita danMaria M. Minarsih(2016),Pengaruh Produk, Harga dan Promosi terhadap Kepuasan Konsumen yang Berdampak pada Repurchase Itention (Studi Kasus Pada Pelanggan PT. Ntronik Lintas Nusantara Semarang),Journal of Management Universitas Pandanaran, Vol.02 No.02, Maret 2016, Semarang.

Weenas, Jackson R.S. (2013), Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta, Jurnal EMBA, Vol. 1 No. 4 tahun 2013, Universitas Sam Ratulangi, Manado.

Widagdo, Herry (2011), Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Komputer pada PT. XYZ Palembang, Jurnal Ilmiah STIE MDP, Vol. 1 No. 1 September 2011, STIE MDP, Palembang.

Downloads

Published

2020-07-08

Issue

Section

Articles