Sistem Literatur pada Efektivitas Program Konseling Berbasis Psikoterapi Kognitif-perilaku dalam Mengatasi Kesehatan Mental Siswa

Authors

  • Aisyah Kamila Universitas Diponegoro
  • Prasetyo Budi Widodo Universitas Diponogoro
  • Anita Listiara Universitas Diponogoro

DOI:

https://doi.org/10.37721/psi.v12i2.1547

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis artikel-artikel terkait Sistem Literatur Pada Efektivitas Program Konseling Berbasis Psikoterapi Kognitif-Perilaku Dalam Mengatasi Kesehatan Mental Siswa. Kesehatan mental pada siswa tetutama anak-anak dan remaja menjadi salah satu isu penting yang memerlukan perharian lebih dan rentan terkena permaslahan kesehatan mental. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR), dimana data berasal dari artikel-artikel yang bertujuan untuk menganalisis, meninjau, dan mengevaluasi bagaimana psikoterapi kognitif-perilaku bekerja dalam mengatasi kesehatan pada siswa. Dengan demikian, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa psikoterapi kognitif yang banyak digunakan sebagai cara untuk mengatasi kesehatan mental pada siswa adalah CBT yang dimana dapat diartikan sebagai cara untuk mengatasi gejala kecemasan, gangguan fungsional, gejala depresi, kualitas hidup, dan fungsi psikososial pada remaja.

Published

2024-12-26