KONSEP DIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA-SISWI BIMBINGAN YAYASAN AL KAHFI KABUPATEN BOGOR
Abstract
Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan Motivasi Berprestasi dariseorang anak adalah Konsep Diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuibagaimana pengaruh Konsep Diri terhadap motivasi berprestasi pada siswa-siswibimbingan di Yayasan Al Kahfi Kabupaten Bogor. Yayasan Al Kahfi KabupatenBogor adalah sebuah yayasan yang bergerak di bidang sosial, pendidikan dandakwah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain causalrelationship (hubungan sebab akibat) yang dilakukan melalui kuesioner denganteknik purposive sampling. Penelitian melibatkan 50 siswa. Instrumen yangdigunakan adalah angket dengan model skala likert yang terdiri dari 30 item untukskala Konsep Diri dan 30 item untuk skala Motivasi Berprestasi. Hasil uji evaluasiinstrumen menunjukkan bahwa koefisien reliabilitas pada skala konsep Diri 0,777dari 25 item yang valid. Pada skala Motivasi Berprestasi diperoleh koefesienreliabilitas 0,764 dari 23 item yang valid. Hasil uji hipotesis menunjukkan adapengaruh yang positif dan signifikan dari Konsep Diri terhadap MotivasiBerprestasi. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai p = 0,000. Adanya pengaruhtersebut dapat ditunjukkan dari sumbangan efektif sebesar 33,3 % dengan nilaithitung 4,978. Siswa sekolah dasar berada pada masa dimana mereka sedangmengalami perkembangan termasuk konsep diri yang mereka miliki. Konsep diriyang dimiliki akan mempengaruhi siswa dalam memandang seperti apa dirinya.Seorang siswa yang memandang dirinya baik, tentu akan menetapkan standarpencapaian yang lebih tinggi dan begitu juga sebaliknya. Sehingga bagaimanasiswa memandang dirinya akan sangat berpengaruh pada tindakannya di sekolahdalam usaha untuk memperoleh prestasi.Kata kunci: Konsep Diri, Motivasi BerprestasiReferences
Agustiani, H. (2006). Psikologi Perkembangan, Pendekatan Ekologi Kaitannya
dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja. Bandung; PT
Refika Aditama.61
JP3SDM,
Vol. 8. No. 1
(2019)
Konsep Diri dan Motivasi Berprestasi pada Siswa-Siswi Bimbingan
Yayasan Al Kahfii Kabupaten Bogor
Cox, N. L. (2010). Student Characteristics and Self-Concept Of Secondary Career
and Technical Education Students In a North Central Texas Region. Journal
Proquest
Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta; Erlangga
Singh, K. (2011). Study of Achievement Motivation in Relationship to Academic
Achievement of Students. International Journal of Edicational Planning and
Administration. ISSN 2249-3093. Volume I. Number 2 (2011)
Sugiono (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung;
Alfabeta
Tim Pengembang Ilmu Pendidikan UPI. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan;
Bandung; Intima
Pudjijogoyanti, C. R (1995). Konsep Diri Dalam Pendidikan. Jakarta: ARCAN.
Penerbit Umum