Inspeksi Pelaksanaan Pekerjaan Perkerasan Kaku pada Proyek Jalan Tol Trans Sumatera Kapalbetung
DOI:
https://doi.org/10.37721/kalibrasi.v7i2.1536Keywords:
Inspeksi, Jalan Tol, Kerusakan, Perkerasan KakuAbstract
Pembangunan infrastruktur jalan tol trans Sumatera Kapalbetung merupakan prioritas pemerintah untuk memajukan daerah. Namun, pemeliharaan rutin diperlukan untuk menjaga kualitas infrastruktur tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis kerusakan, nilai kondisi, dan faktor penyebab kerusakan pada perkerasan kaku proyek jalan tol tersebut. Metode penelitian meliputi pengumpulan data di lokasi proyek, termasuk data visual dan pengukuran langsung. Hasil penelitian menunjukkan berbagai masalah seperti kerusakan grooving, dowel, tie bars, dan retak pada perkerasan kaku. Penanganan yang direkomendasikan meliputi penggantian lapisan halus, perbaikan dowel, pengaturan tie bars, pemotongan segmen tepat waktu, penggunaan bond breaker antara lean concrete dan beton perkerasan, serta perbaikan pada batching plant. Kesimpulan menyoroti pentingnya perhatian terhadap timing pelaksanaan konstruksi, detail penggunaan dowel dan tie bar, spesifikasi bahan, serta kelayakan batching plant untuk menjaga kualitas infrastruktur jalan tol trans Sumatera Kapalbetung. Studi ini memberikan wawasan penting bagi pihak terkait dalam meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan pembangunan infrastruktur jalan tol di Indonesia.References
Aji Suraji, Toifin Nanang Prasetyo, Agus Tugas Sudjianto, Candra Aditya, R. (2023). Analisis Kerusakan Jalan Pada Perkerasan Kaku Menggunakan Metode Pci (Pavement Condition Index). Jurnal TAMBORA, 7(2), 63–66. https://doi.org/10.36761/jt.v7i2.3007
Bulan, M. P., Suraji, A., & Sudjianto, A. T. (2021). Identifikasi Kerusakan Jalan Perkerasan Kaku Untuk Program Preservasi Jalan. Prosiding Simposium Forum Studi Transportasi Antar Perguruan Tinggi Ke-24, 523–531.
Hakiki, R. (2023). Investigasi Kerusakan Pada Struktur Gedung Plasa Telkom Padang Sidempuan. Jurnal Gradasi Teknik Sipil, 7(1), 100–108.
Hartono, B. D., Yuwono, B. E., & Damayanti, J. (2018). Penilaian Risiko Pelaksanaan Proyek Light Rail Transit (LRT) Jabodebek. Konferensi Nasional Teknik Sipil 12, 177–184.
Izza, F. K., Praditama, M. A., Kirana, C. N., Setyono, K. J., & Sudarmono, S. (2019). Kajian Waktu Penyelesaian Metode Crane Dan Metode Launcher Dalam Pelaksanaan Erection Girder Jembatan (Studi Kasus : Pembangunan Jalan Tol Semarang – Solo Ruas Salatiga – Boyolali Sta 40+409 – Sta 71+785). Wahana Teknik Sipil: Jurnal Pengembangan Teknik Sipil, 24(1), 47. https://doi.org/10.32497/wahanats.v24i1.1606
Rahmanto, A. (2016). Evaluasi Kerusakan Jalan Dan Penanganan Dengan Metode Bina Marga Pada Ruas Jalan Banjarejo - Ngawen. Simetris, 10(1), 17–24.
Rifa, R., Maria, T., & Agusdini, C. (2017). Jalan Raya Sugio Dengan Metode Bina Marga (Studi Kasus : Ruas Jalan Sugio , Kabupaten Lamongan ). Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan, Dan Infrastruktur, 119–124.
Subagyo, S., & Nurokhman, N. (2021). Pengendalian Pekerjaan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) Pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Interchange Bandara Adi Soemarmo Solo. CivETech, 3(2), 66–81. https://doi.org/10.47200/civetech.v3i2.1059
Sumargo, Hakiki, R., & Raafidiani, R. (2012). Evaluasi Dan Penanganan Jembatan Di Pulau Nias Provinsi Sumatera Utara Dengan Metode Bridge Management System. Jurnal Teknik Sipil, 22(2), 874–878.
Suparyanto dan Rosad (2015. (2020). Rencana Pengkerasan Jalan. In Suparyanto dan Rosad (2015 (Vol. 5, Issue 3).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal KaLIBRASI : Karya Lintas Ilmu Bidang Rekayasa Arsitektur, Sipil, Industri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.