PERKEMBANGAN DESAIN KANTOR E-COMMERCE MODERN DI INDONESIA (Studi Kasus : PT Shopee International Indonesia, Jakarta Office)

Authors

  • Aryani Widyakusuma

DOI:

https://doi.org/10.37721/kalibrasi.v4i1.778

Abstract

Industri e-commerce di seluruh dunia telah mengubah wajah model bisnis retail yangsebelumnya bertitik berat pada offline store atau toko yang berwujud. Imbas teknologiyang semakin hebat membuat masyarakat masa kini lebih memilih kepraktisan berbelanjasecara digital. Serbuan model bisnis ini juga melanda Indonesia, baik dari para pemainlokal maupun internasional. Salah satu e-commerce berkelas internasional yang bermaindi pasar Indonesia, dan berkomitmen dengan membuka kantor baru di Jakarta adalahShopee. Seperti layaknya kantor internasional, Shopee Jakarta Office menawarkansebuah konsep desain yang menonjol, bukan hanya dari sisi warna dan bahan, tetapi jugalewat implementasi yang sangat baik dalam pengerjaannya Terdapat dua keinginan yangdisampaikan pihak PT Shopee International Indonesia kepada tim desain pada proyek ini.Pertama adalah bagi para staf dan karyawan, kantor ini diharapkan dapat menstimulasiproduktivitas dan kreativitas pegawai, selain juga untuk mendorong kerja sama danbudaya keterbukaan antar departemen, mengefisiensikan komunikasi antar tim,meningkatkan kepuasan kerja, dan untuk mendukung kebutuhan sosial dan ruang hiburanbagi semua. Kedua, bagi para tamu dan pengunjung, kantor ini dimaksudkan untuk dapatperhatian dari mereka sebagai sebuah simbol pencapaian bisnis dan nilai-nilai utamaShopee. Untuk itu, Starmedia Indonesia selaku tim desain interior bersama ProfindoKarya Utama selaku kontraktor interior menerjemahkannya melalui konsep desain yangsejalan dengan acuan Shopee, yakni vibrant, cerah, didekorasi dengan baik tanpa terlaluflashy, dan approachable. Keindahan desainnya dapat dirasakan pada main lobby dilantai 30 dan giant townhall area di lantai 31.Kata kunci : perancangan, kantor, modern, ecommerce

References

Ching, Francis DK. Arsitektur, Bentuk, Ruang dan Tatanan, Jakarta : Erlangga 2008.

Hurry, Ibnu El. 2009. Studi Sistem Automatik pada Gedung untuk Sistem HVAC Berbasis

DDC. 2009.

Juwana, Jimmy S. Panduan Sistem Bangunan Tinggi. Jakarta : Erlangga, 2004

Laksito, Boedhi. Metode Perencanan dan Perancangan Arsitektur, Jakarta : Griya Kreasi,

Neufert, Ernest. Data Arsitek (edisi 33), Jakarta : Erlangga, 1996

Panero, Julius dan Martin Zelnik, Dimensi Manusia dan Ruang Interior, Jakarta: Erlangga,

Schodek, Daniel L. 1999. Struktur Edisi kedua. Jakarta : Erlangga, 1999.

Thalib, Rudy. Kantor Pusat Cisco Berkonsep Simbolik di Jakarta, Skripsi Tugas Akhir

Arsitektur FTUMJ, 2017

T. White, Edward. Tata Atur, Pengantar Meancang Arsitektur. Bandung, ITB 1986

Suharso, Teater Imax di Surakarta, Arsitektur, TA, UMS, 2006

WJS,Purwadarminta, Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta : Penerbit Balai Pustaka, 1967.)

Downloads

Published

2021-05-04

How to Cite

Widyakusuma, A. (2021). PERKEMBANGAN DESAIN KANTOR E-COMMERCE MODERN DI INDONESIA (Studi Kasus : PT Shopee International Indonesia, Jakarta Office). Jurnal KaLIBRASI - Karya Lintas Ilmu Bidang Rekayasa Arsitektur, Sipil, Industri, 4(1), 34–48. https://doi.org/10.37721/kalibrasi.v4i1.778