IMPLEMENTASI BUSINESS INTELLIGENCE UNTUK DATA PENJUALAN BARANG PADA TOKO SCALARIS MAKMUR MENGGUNAKAN APLIKASI TABLEAU DESKTOP

Authors

  • Tiana Karina Program Studi Sistem Informasi, STMIK Indonesia
  • Mansuri Mansuri Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Borobudur
  • Anis Rohmadi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Borobudur
  • Remi Indra Permana Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Borobudur

Abstract

Saat ini toko scalaris makmur dalam pengelolahan teknologi informasi data masih tidak sesuai dan data banyak dapat berubah. Kebutuhan informasi yang tidak dikembangi dengan penyajian informasi yang mudah dipahami oleh pengguna, informasi tersebut masih harus digali ulang dari data yang jumlahnya sangat besar. Informasi yang cepat dan tepat sangat dibutuhkan untuk memudahkan dalam pengambilan keputusan. Dalam mempersiapkan informasi yang singkat dan jelas, beserta agar mudah dipahami oleh pengguna Toko Scalaris Makmur dibangun sebuah business intelligence. Namun data penjualan yang ada belum bisa digunakan karna, belum terdapat pemanfaatan teknologi informasi dan dalam metode klasifikasi yang akan digunakan dalam penelitian ini pemakaian Extraction Transformation Loading (ETL) menggunakan aplikasi pentaho dan aplikasi tableau desktop, pembuatan Starchema berupa dimensi-dimensi yang terhubung dengan fact table. Kemudian hasil pentaho dianalisa melalui proses OLAP (On-Line Analytical Processing) yang bisa membantu pihak Toko Scalaris Makmur dalam mengambil keputusan. Hasil dalam peneliti ini mencakup data penjualan yang digunakan pada tahun 2017 – 2019 berupa tampilan grafik data jumlah barang dan merk terpopuler setiap bulan dan tahun, pembelian customer terbanyak pertahun, performa sales pertahun.

References

Caserio, C., & Trucco, S. (2018). Enterprise Resource Planning and Business Intelligence Systems for Information Quality: An Empirical Analysis in the Italian Setting.

Jerman: Springer International Publishing.

Machado, C. (2019). Business Intelligence and Analytics in Small and Medium Enterprises (C. Machado & P. N. Melo, eds.).

London: CRC Press.

Zimányi, E. (Ed.). (2018). Business

Intelligence and Big Data (7th Europe).

https://doi.org/10.1007/978- 3-319-96655-7 4. Hurley, R. (2019). Business Intelligence : An Essential Beginner’s Guide to BI, Big Data, Artificial Intelligence, Cybersecurity, Machine Learning, Data Science, Data Analytics, Social Media and Internet

Marketing. Ationa Publications.

Abellera, R., & Bulusu, L. (2016). Oracle

Business Intelligence end Essbase Solutions Guide (Taylor & F. Group, eds.). London: CRC Press.

Marcel, P., & Zimányi, E. (Eds.). (2017). Business Intelligence (6th Europe). https://doi.org/10.1007/978-3-319-61164-8

Brijs, B. (2016). Business Analysis For Business Intelligence (C. Press, ed.). London.

Downloads

Published

2022-08-27

Issue

Section

Articles