Pembangunan Karakter Wirausaha Mahasiswa Melalui Peningkatan Kualitas Pendidikan Kewirausahaan

Dwi Rorin Mauludin Insana dan Eko Cahyo Mayndarto

Abstract


Karakter wirausaha merupakan salah satu cerminan dari revolusi karakter yang terdapat dalam nawa cita pemerintahan Jokowi-JK yaitu ditunjukan oleh beberapa ciri yang mengarah pada jiwa-jiwa kemandirian. Saat ini kita ketahui bersama bahwa beberapa perguruan tinggi sudah menjadikan kewirausahaan sebagai  mata kuliah yang wajib diikuti oleh mahasiswanya. Tapi dalam praktiknya kondisi karakter wirausaha yang dimiliki oleh mahasiswa secara umum masih rendah. Hal ini terlihat dari rendahnya minat dan aplikasi mahasiswa untuk berwirausaha. Sebagian besar dari mereka yang masih memiliki ketergantungan ekonomi kepada orang tua, dan orientasi yang dituju setelah lulus hanya menjadi seorang pegawai. Sehingga kami tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pendidikan kewirausahaan terhadap pembangunan karakter wirausaha mahasiswa. Penelitian dilakukan menggunakan metode survei korelasional dengan sampel sebanyak 60 orang mahasiswa yang dipilih dengan acak. Data diperoleh dari angket untuk melihat karakter wirausaha mahasiswa dan kualitas pendidikan kewirausahaan. Hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi = 0,9856, nilai koefisien determinasi = 97,14%. Hasil uji signifikansi uji t diperoleh nilai thitung= 44,38 dan ttabel= 2,002,  karena thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kualitas pendidikan kewirausahaan dengan pembangunan karakter wirausaha mahasiswa.

 

Kata kunci: kualitas pendidikan, pendidikan kewirausahaan, karakter, karakter wirausaha

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2009. Kewirausahaan. Bandung. Alfabeta.

Alwi, Idrus. 2012. Statistika untuk Penelitian Pendidikan. Jakarta : Saraz.

Fattah, Nanang. 2004. Landasan Manajemen Pendidikan, , (Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Hendro. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta. Penerbit Erlangga.

Kasmir. 2013. Kewirausahaan. Jakarta: Rajawali Pers.

Mudjiarto dan Wahid, Aliaras. 2008. KEWIRAUSAHAAN: Motivasi dan Prestasi dalam karier Wirausaha. Jakarta. Penerbit UIEU-University Press.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Syafaruddin. 2008. Efektivitas Kebijakan Pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta.

Wordprees. 2011. Konsep Kewirausahaan Dan Pendidikan Kewirausahaan. (Online), (http://khmadsudrajat.wordpress.com/2011/06/29/konsep-kewirausahaan-dan-pendidikan-kewirausahaan/), diakses 11 Januari 2018.




DOI: https://doi.org/10.37721/je.v19i3.29

Refbacks

  • There are currently no refbacks.