PENGARUH PENDIDIKAN PELATIHAN TERHADAP PELAYANAN SYAHBANDAR KEPADA PEMAKAI JASA DI PELABUHAN TANJUNG PRIOK

Authors

  • Agustina Massora

Abstract

Dalam setiap perusahaan sumberdaya manusia merupakan asset yang sangat penting. Karena peranannya sangat menentukan bagi berhasil atau tidaknya perusahaan dalam mencapai tujuannya. Selain itu keberhasilan dari suatu perusahaan juga sangat dipcngaruhi oleh kemampuan dan kemauan dari setiap karyawan dalam melaksanakan pekerjaannya. Namun, masalah yang dihadapi oleh setiap perusahaan saat ini adalah masih banyaknya karyawan mempunyai latar belakang pendidikan yang rendah dan keterampilan yang kurang memadai, sehingga sulit untuk mengkoordinir tujuan-tujuan yang ada sebagai dasar untuk meningkatkan produktivitas kerja. Untuk meningkatkan pelayanan, perusahaan publik harus merubah posisi dan peran (revitalisasi) dalam memberikan pelayanan. Sumber daya merupakan kunci pokok yang harus diperhatikan dengan segala kebutuhannya. Sebagai kunci pokok, sumber daya manusia akan menentukan keberhasilan pelaksanaan kegiatan instansi/organisast.

References

Asnawi sahlan, 2002, Aplikasi Psikologi Dalam Manajemen Sumberdaya .41 Manusia Perusahaan, Pusgrafin, Jakarta.

Agus Sunyoto, 2000, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama. Flippo, E. B., 2001, Manajemen Personalia, Edisi ke-4. Penerbit Erlangga, Jakarta

Heidjrachman, Ranupandojo, Suad Husnan, 2002, Manajemen Personalia, Yogyakarta : BPFE.

Husein Umar, 2000, Riset Sumber Daya Manusia Dalam Perusahaan. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Moekijat, 2000, Dasar-dasar Administrasi, Manajemen Perusahaan, Bandung : CV. Mandar Maju.

Manulang, M., 2004, Management Personalia, Aksara Baru, Jakarta.

Nisjar, Karhi, 2001, Teori Sistem dan Pendekatan Sistem Dalam Bidang Manajemen, Bandung : Mandar Maju.

Nitisemito, Alex, 2002, Manajelnen Personalia, Ghalia lndonesia Jakarta.

Nurmandi, A., 2000, Manajemen Perkotuan Aktor, Organisasi, Pengelolaap; Daerah Perkotaan di Indonesia, Yogyakarta : Lingkungan Batigsa

Parasuraman. A., Valarie A. Zeithaml, Leonard L. Berry, 2000, A qonseptual Model of Service Quality And Its Implications For Future Research, Journal of Marketing, vol. 49 (Fall). iagian, Sondang, 2004, Teori, Prakiek Pengambilan Keputusan, Jakarta : PT. Gunung Agung.

Sianipar, 2000, Reformasi Pelayanan Publik, Jakarta : PT. Bumi Aksara

Silalahi, Bennet, 2000, Manajeme Sumber Daya Manusia, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen LPMI.

Supriatna, 2003, Reformasi P,elayanan Publik : Teori, Kebijakan, dan Implementasi, PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Taliziduhu, Ndraha, 2001, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta Gramedia Pustaka.

Tjosvold, 2003, Manajemen Pelay 111111 Jakarta : Erlangga. Wirijadinata, 2002, Kepegawaian, PT. Jakarta.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 pasal 5 ayat 1

Downloads

Issue

Section

Articles