STRATEGI PEMBELAJARAN INFORMAL PADA PEGAWAI RS PANTI RAHAYU, PURWODADI, JAWA TENGAH

Authors

  • Ika Wahyu Pratiwi

Abstract

Rumah sakit Panti Rahayu merupakan rumah sakit pertama yang ada di kota Purwodadi yang didirikan pada tahun 1976 dan sempat menjadi rumah sakit satusatunya yang ada di kota tersebut. Seiring berjalannya waktu, kota Purwodadi pun mengalami perubahan lingkunngan, tak terkecuali pertumbuhan rumah sakit-rumah sakit baru dan praktek dokter pribadi yang banyak ditemukan di kota tersebut. Secara lebih lanjut, perubahan lingkungan tersebut membuat rumah sakit Panti Rahayu harus memiliki strategi dalam menjaga eksistensi organisasinya, salah satunya dengan terus meningkatkan keahlian para pegawainya, salah satunya dengan strategi pembelajaran informal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk strategi pembelajaran informal yang dilakukan oleh pegawai di rumah sakit Panti Rahayu, Purwodadi, Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini berjumlah dua orang, yaitu WH sebagai kepala laboratorium dan BT sebagai kepala perawat di rumah sakit Panti Rahayu. Berdasar hasil penelitian, wujud pembelajaran informal di rumah sakit Panti Rahayu pada dasarnya bertujuan untuk berbagi pengetahuan (transfer knowledge) pada seluruh anggotanya antara lain dalam bentuk 1) Informal training dalam hal ini adalah melakukan training sesama rekan kerja, simulasi, evaluasi atasan; 2) Sosialisasi; dan 3) Kerja Tim dalam hal ini adalah sharing antara senior atau pimpinan dan sharing dengan rekan kerja. Kata Kunci: efikasi diri, Matematika, Siswa SMP

Downloads

Issue

Section

Articles