PENGARUH SELF-CONTROL TERHADAP AGRESIVITAS REMAJA PADA PELAJAR SMP DAN SMU DI SEKOLAH PERGURUAN NASIONAL

Authors

  • Hayati Zahri dan Ira Savira

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-control yang meliputi behavior control, cognitive control, dan decisional control terhadap agresivitas remaja. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP dan SMU sekolah Pergunas n = 131. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah skala Likert dengan dua variabel yaitu variabel Self control dan Agresivitas. Teknis analisis data menggunakan teknik kuantitatif dan wawancara sebagai sumber data tambahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor agresivitas rendah sebanyak 25 sampel (19,1%), skor sedang sebanyak 106 sampel (80,9%) dan skor tinggi sebanyak 0 (0%). Sedangkan skor variabel self – control rendah sebanyak 0 sampel (0%), skor sedang sebanyak 87 sampel (66,4%) dan skor tinggi sebanyak 44 sampel (33,6%). Untuk nilai koefisien determinasi ( R square ) yang didapat adalah sebesar 0,317. Hal ini berarti bahwa ketiga dimensi dari self control (behavior control, cognitive control dan decisional control) memberikan sumbangsih sebesar 22,6% bagi perubahan variabel agresivitas. Dengan demikian 77,4% dipengaruhi oleh dimensi lain selain ketiga dimensi dari variabel self control yang tidak terukur dalam penelitian ini dapat memberikan perubahan terhadap variabel agresivitas. Kata kunci : self control, agresivitas, remaja

References

Anderson, C.A., & Bushman, B.J. (2002). Human Aggression. Annual Review of Pshychology, 53, 27-51.

Azwar, S. (2010). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2013). Sikap Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baron, R., Adan Byrne, D. (2004). Psikologi Sosial. Jilid 1. Edisi 10. Jakarta: Erlangga.

Berkowitz, A. (1993). Agresi “Sebab dan Akibatnya”. Jakarta: PT. Pustaka Binaman Presindo.

Bush, A.H., & Perry, M. (1992). The Aggression Questionnaire. Journal of Personality and Social Psychology,

, 452-459.

Chaplin. (2008). Alih Bahasa Kartini Kartono. Kamus Psikologi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Denson, T.F., De Wall, C.N., & Finkel, N.J. (2012). Self-control and aggression. APS Association for

Psychological Science, 21(1), 20-25. Terdapat dalam:

http://faculty.wcas.northwestern.edu/elifinkel/documents/2012_DensonDeWallFinkel_CDir.pdf.

DeWall, C.N., Finkel, NJ., & Denson, T.F. (2011). Self-Control inhibits aggression, social and Personality.

Psychology Compass, 458-472. Tersedia dalam:

http://faculty.wcas.northwestern.edu/elifinkel/documents/64_DeWallfinkelDenson2011_SPPC.pdf

Diane E. Papalia. (2015). Perkembangan Manusia. Jakarta: Salemba Humanika.

Finkenauer, C., Engels, R., & Baumeister, R. (2005). Parenting Behavior and adolescent behavioural and

emotional problems: The role of self control. Terdapat dalam: www.sagepublication.com.

Fromm, E. (2010). Akar Kekerasan: Analisis Sosio-Psikologis atas Watak Manusia. Diterjemahkan oleh : Imam

Mutaqin. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ghozali. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate. Semarang: UNDIP.

http://poskotanews.com/2013/12/22/tawuran-pelajar-di-jakarta-meningkat/

http://www.harnas.co/2015/09/22/di-balik-marak-kekerasan-di-sekolah

http://www.jpnn.com/read/2015/07/27/317218/Wah-Kasus-Tawuran-Paling-Tertinggi-di-Jakarta-Timur

http://www.tribunnews.com/metropolitan/2016/07/01/kalah-tawuran-kevin-disabet-celurit

Hurlock, E.B. (1999). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta:

Erlangga.

Koeswara. (1988). Agresi Manusia. Bandung: Rosda Offset.

Mappiare. (1983). Psikologi Orang Dewasa. Usaha Nasional: Surabaya.

Myers, David G. (2010). Psikologi Sosial. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.

Santrock, J.W. (2002). Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup (edisi kelima). Jakarta: Erlangga.

Sarwono, S.W. (2002). Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Penerbit: CV Alfabeta, Bandung.

Tangney, J.P., Baumeister, R.F., & Boone, A.L. (2004). High self-control predicted good adjustment, less

pathology, better grade, and interpersonal success. Journal of Personality, 72(2), 271-324.

Tylor, S.E., Peplau, L.A., Sears, D.O. (1997). Social Psycology. Prentice Hall: New Jersey.

Downloads

Issue

Section

Articles