Pengaruh Pola Asuh Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMPN 39 Bekasi

Authors

  • Linda Sri Pangestuti dan Aziza Putri Rizki

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pola asuh terhadap motivasi belajar siswa SMPN 39 Bekasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknis analisis regresi linear. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII SMPN 39 Bekasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling yang melibatkan 75 siswa-siswi. Dalam penelitian ini, alat ukur di adaptasi dari SPSS 17.0 untuk mengukur pola asuh dan motivasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian memperlihatkan bahwa terdapat pengaruh pola asuh terhadap motivasi belajar siswa secara signifikan dengan nilai sumbangan kedua variabel sebesar 9,3 %. Sedangkan untuk hubungan korelasi antara variabel dilihat dari korelasi Product Moment dari Pearson, diperoleh hasil analisa r hit 0,866 dimana taraf signifikansi sebesar 5% untuk jumlah subyek 75 siswa-siswi adalah 0, 227 ( r tabel ) sehingga r hit > r tabel (p > 0,050) (0,000 < 0,0050) untuk taraf signifikansi 5 % yang berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh dengan motivasi belajar siswa. Kata Kunci : Pola Asuh , Motivasi Belajar

References

Agustiawati, I. (2014). Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia. Pengaruh Pola Asuh Orang

Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata pelajaran Akuntasi kelas XI IPS SMA

Negri 26 Bandung .

Dimanik. (n.d.). Skripsi Universitas Sumatera Utara. Hubungan Antara Persepsi Tentang

keterampilan Guru Mengajar Dengan Motivasi Belajar Instrinsik Siswa Kelas Akselerasi

Untuk Mata pelajaran Sosiologi .

Fauziyatun, N. (2013). Skripsi Universitas Negeri Semarang. Faktor-Faktor Yang

Melatarbelakangi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 22 Semarang

Tahun Ajaran 2013/2014 .

Inara, A. (2008). Skripsi Universitas Guna Darma. Peranan Pola Asuh Terhadap Konsep Diri

Waria .

Kharmina, N. (2013). Skripsi Universitas Negri Semarang. Hubungan Antara Tingkat

Pendidikan Orang Tua Dengan Orientasi Pola Asuh Anak Usia Dini .

Kirana, R. S. (2013). Skripsi Universitas Negri Semarang. Hubungan Pola Asuh Orang Tua

Dengan Temper Tantum Pada Anak Pra Sekolah .

Lestara, E. (2013). Skripsi Universitas Negri Yogyakarta. Hubungan Antara Pola Asuh Orang

Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Konsentrasi Patiseri SMK Negri I Sewon Bantul .

Nurhayati, D. A. (2013). Skripsi Universitas Negri Yogyakarta. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua

Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar KKPI Kelas X Program Keahlian

TKJ Dan TAV di SMK PIRI 1 Yogyakarta .

Rino, A. D. (2013). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Tingkat Kecemasan

Komunikasi Pada Remaja .

Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta.

Winanti Siwi Respati, A. Y. (2006). Jurnal Psikologi Vol. 4 no.2. Perbedaan Konsep Diri Antara

Remaja Akhir Yang Mempersepsikan Pola Asuh Orang Tua Authoritarian , Permessive ,

Authoritative .

Downloads

Issue

Section

Articles