Pengaruh Pola Asuh Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMPN 39 Bekasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pola asuh terhadap motivasi belajar siswa SMPN 39 Bekasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknis analisis regresi linear. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII SMPN 39 Bekasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling yang melibatkan 75 siswa-siswi. Dalam penelitian ini, alat ukur di adaptasi dari SPSS 17.0 untuk mengukur pola asuh dan motivasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian memperlihatkan bahwa terdapat pengaruh pola asuh terhadap motivasi belajar siswa secara signifikan dengan nilai sumbangan kedua variabel sebesar 9,3 %. Sedangkan untuk hubungan korelasi antara variabel dilihat dari korelasi Product Moment dari Pearson, diperoleh hasil analisa r hit 0,866 dimana taraf signifikansi sebesar 5% untuk jumlah subyek 75 siswa-siswi adalah 0, 227 ( r tabel ) sehingga r hit > r tabel (p > 0,050) (0,000 < 0,0050) untuk taraf signifikansi 5 % yang berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh dengan motivasi belajar siswa. Kata Kunci : Pola Asuh , Motivasi BelajarReferences
Agustiawati, I. (2014). Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia. Pengaruh Pola Asuh Orang
Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata pelajaran Akuntasi kelas XI IPS SMA
Negri 26 Bandung .
Dimanik. (n.d.). Skripsi Universitas Sumatera Utara. Hubungan Antara Persepsi Tentang
keterampilan Guru Mengajar Dengan Motivasi Belajar Instrinsik Siswa Kelas Akselerasi
Untuk Mata pelajaran Sosiologi .
Fauziyatun, N. (2013). Skripsi Universitas Negeri Semarang. Faktor-Faktor Yang
Melatarbelakangi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 22 Semarang
Tahun Ajaran 2013/2014 .
Inara, A. (2008). Skripsi Universitas Guna Darma. Peranan Pola Asuh Terhadap Konsep Diri
Waria .
Kharmina, N. (2013). Skripsi Universitas Negri Semarang. Hubungan Antara Tingkat
Pendidikan Orang Tua Dengan Orientasi Pola Asuh Anak Usia Dini .
Kirana, R. S. (2013). Skripsi Universitas Negri Semarang. Hubungan Pola Asuh Orang Tua
Dengan Temper Tantum Pada Anak Pra Sekolah .
Lestara, E. (2013). Skripsi Universitas Negri Yogyakarta. Hubungan Antara Pola Asuh Orang
Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Konsentrasi Patiseri SMK Negri I Sewon Bantul .
Nurhayati, D. A. (2013). Skripsi Universitas Negri Yogyakarta. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua
Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar KKPI Kelas X Program Keahlian
TKJ Dan TAV di SMK PIRI 1 Yogyakarta .
Rino, A. D. (2013). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Tingkat Kecemasan
Komunikasi Pada Remaja .
Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta.
Winanti Siwi Respati, A. Y. (2006). Jurnal Psikologi Vol. 4 no.2. Perbedaan Konsep Diri Antara
Remaja Akhir Yang Mempersepsikan Pola Asuh Orang Tua Authoritarian , Permessive ,
Authoritative .