KONSEP DIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA-SISWI BIMBINGAN YAYASAN AL KAHFI KABUPATEN BOGOR

Tri Nathalia Palupi

Abstract


Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan Motivasi Berprestasi dari
seorang anak adalah Konsep Diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana pengaruh Konsep Diri terhadap motivasi berprestasi pada siswa-siswi
bimbingan di Yayasan Al Kahfi Kabupaten Bogor. Yayasan Al Kahfi Kabupaten
Bogor adalah sebuah yayasan yang bergerak di bidang sosial, pendidikan dan
dakwah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain causal
relationship (hubungan sebab akibat) yang dilakukan melalui kuesioner dengan
teknik purposive sampling. Penelitian melibatkan 50 siswa. Instrumen yang
digunakan adalah angket dengan model skala likert yang terdiri dari 30 item untuk
skala Konsep Diri dan 30 item untuk skala Motivasi Berprestasi. Hasil uji evaluasi
instrumen menunjukkan bahwa koefisien reliabilitas pada skala konsep Diri 0,777
dari 25 item yang valid. Pada skala Motivasi Berprestasi diperoleh koefesien
reliabilitas 0,764 dari 23 item yang valid. Hasil uji hipotesis menunjukkan ada
pengaruh yang positif dan signifikan dari Konsep Diri terhadap Motivasi
Berprestasi. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai p = 0,000. Adanya pengaruh
tersebut dapat ditunjukkan dari sumbangan efektif sebesar 33,3 % dengan nilai
thitung 4,978. Siswa sekolah dasar berada pada masa dimana mereka sedang
mengalami perkembangan termasuk konsep diri yang mereka miliki. Konsep diri
yang dimiliki akan mempengaruhi siswa dalam memandang seperti apa dirinya.
Seorang siswa yang memandang dirinya baik, tentu akan menetapkan standar
pencapaian yang lebih tinggi dan begitu juga sebaliknya. Sehingga bagaimana
siswa memandang dirinya akan sangat berpengaruh pada tindakannya di sekolah
dalam usaha untuk memperoleh prestasi.
Kata kunci: Konsep Diri, Motivasi Berprestasi


Full Text:

PDF

References


Agustiani, H. (2006). Psikologi Perkembangan, Pendekatan Ekologi Kaitannya

dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja. Bandung; PT

Refika Aditama.61

JP3SDM,

Vol. 8. No. 1

(2019)

Konsep Diri dan Motivasi Berprestasi pada Siswa-Siswi Bimbingan

Yayasan Al Kahfii Kabupaten Bogor

Cox, N. L. (2010). Student Characteristics and Self-Concept Of Secondary Career

and Technical Education Students In a North Central Texas Region. Journal

Proquest

Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta; Erlangga

Singh, K. (2011). Study of Achievement Motivation in Relationship to Academic

Achievement of Students. International Journal of Edicational Planning and

Administration. ISSN 2249-3093. Volume I. Number 2 (2011)

Sugiono (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung;

Alfabeta

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan UPI. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan;

Bandung; Intima

Pudjijogoyanti, C. R (1995). Konsep Diri Dalam Pendidikan. Jakarta: ARCAN.

Penerbit Umum


Refbacks

  • There are currently no refbacks.