DUKUNGAN ORANGTUA DAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA-SISWI SMP NEGERI 79 JAKARTA PUSAT

Tri Nathalia Palupi

Abstract


Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan motivasi berprestasi dari
seorang anak adalah dukungan orangtua. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui bagaimana dukungan orangtua terhadap motivasi siswa-siswi SMP
Negeri 79 Jakarta Pusat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling. Penelitian melibatkan 80
siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan model skala likert yang
terdiri dari 30 item untuk skala Dukungan Orangtua dan 30 item untuk skala
Motivasi Berprestasi. Hasil uji evaluasi instrumen menunjukkan bahwa koefisien
reliabilitas pada skala Dukungan Orangtua 0,812 dari 16 item yang valid. Pada
skala Motivasi Berprestasi diperoleh koefesien reliabilitas 0,819 dari 26 item yang
valid. Hasil uji hipotesis menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikan
dari Dukungan Orangtua terhadap Motivasi Berprestasi. Hal tersebut dapat dilihat
dari nilai p = 0,000. Adanya pengaruh tersebut dapat ditunjukkan dari sumbangan
efektif sebesar 36 % dengan nilai thitung 4,574. Kesimpulan dari penelitian ini
adalah ada pengaruh positif yang sangat signifikan antara dukungan orangtua
dengan motivasi belajar siswa di Negeri 79 Jakarta Pusat.
Kata kunci: Dukungan, Orangtua, Motivasi Berprestasi, Siswa


Full Text:

PDF

References


Cohen, S & McKay, G. 2008. Social Support, Stress and The Buffering

Hypothesis: A Theoretical Analysis.Dalam Baum, A. Taylor, S., &

Singer, J. Handbook of Psychologyand Health. New York : Hillsdale.

Friedman, M. 2010. Buku Ajar Keperawatan keluarga : Riset, Teori, dan Praktek.

Edisi ke-5. Jakarta: EGC.

Hamalik, O. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Sinar

Grafika.

Purwanta. E. 2012. Dukungan Orangtua Dalam Karir Terhadap Perilaku Karir

Siswa SLTP. Jurnal Teknodika, Volume 10. Nomar 2, September 2012.

Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan UNY

Rabideau, S.T. (2005). “Effects of achievement motivation on behavior” (On-line).

Personality Research.

http://www.personalityresearch.org/papers/rabideau.html Diakses pada

Kamis, 25 Juli 2019

Rola, F. 2006. Hubungan Konsep Diri dengan Motivasi Berprestasi Pada Remaja.

USU Repository : Medan.

Singh, K. (2011). Study of Achievement Motivation in Relationship to Academic

Achievement of Students. International Journal of Edicational Planning and

Administration. ISSN 2249-3093. Volume I. Number 2 (2011)

Sugiono (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung;

Alfabeta

Sukadji. (2001). Motivasi dalam Masyarakat. Jakarta :Gramedia.

Sobur, Alex. (2003). Psikologi Umum. Bandung : Pustaka Setia.

https://edukasi.kompas.com/read/2018/05/31/06470051/antara-karier-pendidikandan-dukungan-orangtua?page=all. Diakses pada Kamis, 25 Juli 2019

Syah, Muhibbin, 2001, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung:

PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.